Cek Fakta: Hoaks Ratu Elizabeth II Tertarik Jadikan Jokowi Perwaris Takhta Kerajaan Inggris

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 22 Sep 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 21:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Ratu Elizabeth II Tertarik Jadikan Jokowi Perwaris Takhta Kerjaan Inggris (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Ratu Elizabeth II Tertarik Jadikan Jokowi Perwaris Takhta Kerjaan Inggris (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang Ratu Elizabeth II tertarik menjadikan Jokowi sebagai perwaris takhta kerajaan Inggris beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 September 2021 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar sebuah artikel berjudul "Ratu Elizabeth II Tertarik Menjadikan Jokowi Pewaris Takhta, Ratu: Dia Orang Jujur Dan Sederhana".

Dalam artikel tersebut, terdapat gambar Jokowi dan Ratu Elizabeth II. Dalam gambar, kedua pemimpin negara itu tampak mengenakan mahkota.

"Difitnah pembohong dia diam, dituduh pencitraan dia diam, tetapi Tuhan tidak diam. Dan terbukti Jokowi dibela oleh Tuhan lewat seseorang yang tak disangka. Pujian Ratu Elizabeth kepada Jokowi seolah membantah tuduhan keji dari para kadrun durjana. Makin yakin 3 Periode!" tulis salah satu akun Facebook pada 18 September 2021.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 238 kali dibagikan dan mendapat 280 komentar warganet.

Benarkah Ratu Elizabeth II tertarik menjadikan Jokowi sebagai perwaris takhta kerajaan Inggris? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Ratu Elizabeth II tertarik menjadikan Jokowi sebagai perwaris takhta kerajaan Inggris. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "ratu elizabeth ii jadikan jokowi perwaris takhta" di kolom pencarian Google Search.

Namun tidak ditemukan informasi valid mengenai kabar tersebut. Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Images.

Hasilnya terdapat gambar serupa yang diunggah akun Twitter @BEMUI_Official pada 26 Juni 2021. Gambar tersebut merupakan kritik Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) atas kebijakan Jokowi sebagai presiden.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Twitter @BEMUI_Official.

 

Referensi:

https://twitter.com/BEMUI_Official/status/1408744930516688896/photo/2

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Kabar tentang Ratu Elizabeth II tertarik menjadikan Jokowi sebagai perwaris takhta kerajaan Inggris ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Gambar tangkapan layar pemberitaan berjudul "Ratu Elizabeth II Tertarik Menjadikan Jokowi Pewaris Takhta, Ratu: Dia Orang Jujur Dan Sederhana" diduga merupakan hasil editan.

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya