Sukses

Kumpulan Hoaks Penampakan Hewan Tanda Datangnya Kiamat, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan hewan tanda datangnya kiamat

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang penampakan hewan tanda datangnya kiamat menyebar di tengah masyarakat, kabar tersebut menimbulkan berbagai tanggapan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi penampakan hewan tanda datangnya kiamat, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan hewan tanda datangnya kiamat:

1. Foto Penampakan Ular Bertanduk Tanda Kiamat

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan ular bertanduk tanda kiamat

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto penampakan ular bertanduk tanda kiamat. Foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Agustus 20201.

Unggahan klaim foto penampakan ular bertanduk tanda kiamat menampilkan mahluk seperti ular dengan mulut terbuka dan mata yang tidak seperti lazimnya dan terdapat tonjolan dibagian atas mata.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

“Tanda2 kiamat sudah jelas dan semakin dekat…

Inilah ular yng bertanduk ynk di ceritakan

dalam alqur’an.Semoga yg bagikan foto ini di

jauhkan dari marabahaya Amin…bagikan jika

anda Islam”.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"tanda2 kiamat,,"

Benarkah klaim foto penampakan ular bertanduk tanda kiamat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Tautan Artikel Dabbah Hewan Tanda Kiamat Muncul di Israel

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi judul artikel Dabbah binatang tanda kiamat

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati tautan judul artikel Dabbah binatang tanda kiamat muncul di Israel. Informasi tersebut diunggah akun Facebook Tyh Septian, pada 12 April 2021.

Unggahan tautan judul artikel Dabbah binatang tanda kiamat muncul di Israel.

Berupa judul artikel "Dabbah Telah Muncul di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn"

Benarkah tautan judul artikel Dabbah binatang tanda kiamat muncul di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. Hoaks Foto Dabbah Hewan Tanda Kiamat di Israel

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kemunculan dabbah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim kemunculan dabbah hewan tanda kiamat di Israel, klaim foto tersebut dimuat dalam artikel "Ya Allah, Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat" oleh situs portalnegeri.co, pada 23 Januari 2021.

Foto yang diklaim kemunculan Dabbah hewan tanda kiamat di Israel yang diunggah menampilkan mahluk berbentuk panjang hitam mengkilap dan terlihat memilik empat kaki.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Binatang Ini Bernama Dabbah Serta Berulang-Kali Dimaksud Rasulullah SAW Sebagai Salah Satu Sinyal Dekatnya Kiamat."

Benarkah foto kemunculan dabbah hewan tanda kiamat di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4. Foto Ini Penampakan Dabbah Hewan Tanda Kiamat

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamat

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai Dabbah hewan tanda kiamat.

Klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamatdiunggah akun Facebook Wawan Gunawan, pada 4 Februari 2021.

Unggahan tersebut berupa tautan artikel berujudul "Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn" yang dimuat situs sebarinfoviral.me.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn"

Dalam artikel tersebut memuat foto sosok berbadan merah yang terlihat memiliki sayap yang menjadi satu dengan tubuhnya dari leher hingga kaki.

Berikut isi artike tersebut:

Binatang ini bernama Dabbah serta berulang-kali dimaksud Rasulullah SAW sebagai salah satu

sinyal dekatnya kiamat. Bahkan juga Allah SWT dalam

dalilnya juga menerangkan mengenai binatang ini. Hal semacam ini tercantum dalam Quran Surat An-Naml : 82 yang berarti sebagaimana berikut.

“Apabila pengucapan sudah jatuh atas mereka, Kami mengeluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang bakal mengatakan pada mereka, kalau sebenarnya manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Kami, ” (An-Naml : 82).Rasulullah SAW juga bersabda mengenai Dabbah ini serta jadi satu diantara pengingat Umat Islam selalu untuk bertaubat. Dalam hadist Kisah Muslim, Rasul menyebut tiga perkara yang bila ketiganya keluar jadi semuanya taubat serta amal tidak ada manfaatnya. Ketiganya yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

“Ada tiga perkara yang bila keluar jadi akan tidak berfungsi lagi keimanan orang yang belum beriman terlebih dulu ; atau belum mengupayakan kebaikan yang dikerjakan dalam keimannya. Ketiga perkara itu yaitu : terbitnya matahari dari barat, Dajjal serta binatang bumi. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Sesungguhnya tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kalinya nampak yaitu terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang pada manusia pada saat Dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, jadi yang satunya bakal berlangsung sesudahnya kurun waktu yang dekat. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Bersegeralah kalian beramal (sebelumnya datangnya) enam perkara… (beliau mengatakan salah satunya) dabbah. ” (HR. Muslim).Nanti sesudah keluar, Dabbah bakal bicara pada manusia serta menyampaikan kabar kalau manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Allah. Ia memberi sinyal pembeda pada orang beriman serta kafir. Sinyal untuk orang yang beriman yaitu muka yang bersinar, sedang yang tidak, tandanya diberikan di bagian hidung sebagai sinyal kekufurannya.

“Binatang bumi itu keluar jadi ia berikan cap kepada

manusia di muka mereka. Lalu jumlah mereka meningkat hingga seorang beli onta dia di tanya, ‘Dari siapa anda beli onta itu? ’ Dia menjawab, Dari salah seseorang yang dicap berwajah.. ”

Benarkah klaim foto Dabbah hewan tanda kiamat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.