Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Anak dalam Foto Ini Buta karena Silica Gel Meledak di Matanya

Beredar sebuah foto yang diklaimseorang anak buta karena silica gel meledak di dalam mata. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi seorang anak yang membuka silica gel dan mengenai matanya, kemudian saat dicuci silica gel tersebut menjadi meledak sehingga menyebabkan kebutaan.

Informasi ini salah satunya disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 28 Agustus 2021. Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah foto anak yang tengah terbaring di ranjang dan mata kanannya yang luka. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kasus meledaknya silica gel di mata anak tersebut karena disiram air.

"Info penting buat Emak Emak.ini pelastik kecil, yg kotak diatas ini. Yg selalu kita dapetin di barang2 baru.. yg kita beli. Seperti sepatu, tas dll. Ini pelastik bahaya banget. karena bisa meledak klo kecampur / direndam air.

Dan di atas.. itu.. telah terkena anak kecil, dia buka pelastik itu, ketika dia buka, loncat tuh biji itu kematanya trus ketika dia nyuci mukanya.. dgn air. Meledak deh.. biji pelastik tdi yg ada di matanya. Dan buta matanya......jika bermanfaat boleh di bantu menyebarkan informasinya," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook itu telah 4 kali dibagikan dan mendapat 1 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut seorang anak buta karena silica gel meledak di dalam mata? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi seorang anak buta karena silica gel meledak di dalam mata. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto yang viral di Facebook tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa serta menjelaskan mengenai peristiwa kebutaan pada anak akibat silica gel.

Satu di antaranya artikel berjudul "Tuang Desiccant ke Botol Isi Air, Mata Bocah China Buta Sebelah" yang dirilis oleh Liputan6.com pada 15 Desember 2017 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

Liputan6.com, Beijing - Banyak orangtua yang tak terlalu peduli dengan desiccant yang kerap ditemukan dalam kemasan makanan.Biasanya, desiccant sengaja masukkan bersama makanan kemasan untuk sebuah tujuan dan tak dimakan.

Desiccant adalah bahan yang dapat menyerap air sehingga mengurangi serta menjaga kelembaban suatu barang, termasuk makanan.

Dilansir dari laman AsiaOne, Jumat (15/12/2017), baru-baru ini di China ditemukan kasus mengenaskan akibat kelalaian orangtua saat menjaga anaknya.

Seorang bocah laki-laki berusia delapan tahun dilaporkan mengalami kebutaan karena menuangkan desiccant ke botol berisi air.

Kala itu, ia baru saja selesai memakan kudapan yang dibeli orangtuanya di sebuah toko kue. Keke (8) kemudian melihat ada bungkusan kecil seperti jeli tertinggal di bungkus makanan tersebut.

Karena iseng, bocah itu menuangkan isi kemasan desiccant ke dalam botol. Tak disangka, botol berisi air itu langsung meledak. Air yang muncrat langsung mengenai mata bocah tersebut.

Keke tiba-tiba teriak akibat ledakan tersebut. Setelah mendengar jeritan sang anak, ibu Keke bergegas menghampiri putranya. Saat dilihat, mata bocah tersebut memerah.

Untuk itu, pihak keluarga langsung membawa Keke ke rumah sakit. Namun sayang, senyawa yang masuk ke dalam mata, membuat indera penglihatan sebelah kanan kehilangan fungsinya.

Menurut Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, desiccant biasanya mengandung gel silika yang aman karena sifatnya tak mengandung racun, meski bersifat kimiawi.

Untuk itu, pihak yang paling dicurigai adalah agen penyedia desiccant. Pasalnya, ditemukan senyawa lain dari benda tersebut.

Saat diteliti, desiccant yang digunakan oleh Keke mengandung kalsium oksida yang bereaksi secara kimia apabila dikombinasikan dengan air.

Proses ini akan menghasilkan suhu panas dengan cepat dan membentuk kalsium hidroksida yang sangat basa dengan nilai pH 12,4. Apabila wadah air tak mampu menampung uap, maka akan terjadi ledakan.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/global/read/3196012/tuang-desiccant-ke-botol-isi-air-mata-bocah-china-buta-sebelah

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi tentang seorang anak buta karena silica gel meledak di dalam mata ternyata tidak benar. Faktanya, anak yang ada dalam foto itu mengalami kebutaan karena menuangkan desiccant atau silica gel ke botol berisi air. Botol tersebut kemudian meledak dan cairan yang ada dalam botol tersebut mengenai matanya.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.