Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Penangkapan Perampok Toko Emas di Pasar Simpang Limun Medan

Beredar foto seorang pelaku komplotan perampok toko emas di Pasar Simpang Limun Medan ditangkap polisi. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi seorang anggota komplotan perampok toko emas di Pasar Simpang Limun Medan sudah ditangkap. Bahkan foto yang diklaim sebagai pelaku pun viral di media sosial. Informasi tersebut itu diunggah oleh salah satu akun Facebook pada 31 Agustus 2021.

Foto unggahan tersebut disukai oleh 25 warganet, 5 komentar dan telah dibagikan sebanyak satu kali. Dalam akun tersebut juga terdapat narasi sebagti berikut.

"Salah satu anggota komplotan perampok toko emas di Pasar Simpang Limun Medan sudah tertangkap. Informasi tersebut sedang viral di media sosial.Melalui akun facebook Deky Hardianto mengabarkan penangkapan tersebut, Minggu (29/8/2021) siang. Perampok Toko emas kota medan, Simpang limun 1 orang Sudah Tertangkap. 3 Orang lagi Masih DPO," demikian narasi yang ditulis oleh akun Facebook tersebut.

Benarkah informasi terkait salah seorang dari anggota komplotan perampok toko emas Pasar Simpang Medan ditangkap? Simak penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang informasi tersebut dengan Google Images. Hasilnya ditemukan foto identik pada artikel berjudul "Ibu dan Anak Dibegal, DI Tebo, Pelaku Begal Diringkus Polisi" yang dimuat situs jambiekspres.co.id pada 25 Juni 2018 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs jambiekspres.co.id.

KERINCI - Sosok siapa pelaku begal yang mersahkan warga dengan menggunakan motor Vixion, yang beraksi di wilayah Tanah Cogok, perbatasan Desa Semerah - Debai, perbatasan Sebukar - Hiang belum terpecahkan hingga saat ini. Pasalnya, mereka masih bebas melakukan aksi pembegalan.

Hal tersebut terbukti pada Sabtu (23/06). Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) Tris (25) bersama putrinya Yona (4), warga Desa Koto Tuo Ujung Pasir, Kecamatan Danau Kerinci, menjadi korban begal yang menggunakan motor Vixion.

"Yo, kejadian hari Sabtu, Ibu dan Anak jadi korban begal, pelaku berhasil membawa kabur Hp," ujar Riki, warga Ujung Pasir.

Dijelaskannya, kejadian tersebut bermula pada Sabtu sekira pukul 13.00 wib, saat korban dari Desa Ujung Pasir hendak menuju pasar Sungai Penuh. Namun, tepatnya di perbatasan jalan Desa Semerah dan Desa Baru Debai, tiba-tiba korban diberhentikan oleh dua orang yang menggunakan motor Vixion.

Pada waktu itu memang jalan dalam kondisi sepi, korban langsung diminta berhenti dan menyerahkan Hp, sambil menodongkan pisau.

"Karna korban takut, mereka langsung menyerahkan Hp, dan pelakupun langsung kabur," ungkapnya.

Diakuinya, bahwa ini bukan merupakan kejadian yang pertama kalinya. Sepekan yang lalu, juga telah terjadi dilokasi yang sama. Korbannya juga merupakan warga Ujung Pasir yakni Santi (35). Korbanpun harus rela, dompet dan Hp miliknya dibawa kabur pelaku begal.

"Jauh sebelum ini, juga pernah terjadi di jalan perbatasan Sebukar dengan Hiang, dan di jalan Sebukar dengan Koto Iman. Lagi, pelakunya menggunakan motor Vixion," katanya.

Ia berharap, agar pihak Kepolisian untuk secepatnya menuntaskan keresahan warga sekitar selama ini.

Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto, dikonfirmasi terkait kejadian tersebut mengatakan bahwa akan segera menindak lanjuti laporan tersebut. "Akan kita tindak lanjuti," singkatnya.

Sementara itu, anggota Satreskrim Polres Tebo berhasil meringkus seoarng pelaku begal berinisial AM (26) warga Desa Lubuk Benteng, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo. Penangkapan dilakukan Selasa (19/6) lalu.

Tersangka diringkus di Simpang Logpon Desa Teluk Kuali, Kecamatan Tebo Ulu, sekitar pukul 14.00 WIB. Dari tangan AM, Tim Sultan Polres Tebo mengamankan barang bukti 1 unit sepeda motor jenis Mio Soul warna biru BH 2120 WN.

Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Hendra W Manurung, mengatakan, penangkapan tersangka ini berdasarkan laporan polisi nomor LP / B- 14/ VI / 2018 /JAMBI / RES TEBO / SEKTOR VII Koto , tertanggal 19 Juni 2018.

Berdasarkan laporan tersebut, tim Sultan yang dipimpin IPDA Rifqi Abdilah langsung melakukan pengintaian. Setelah mencium keberadaan tersangka, team langsung bergerak menuju kelokasi, tepatnya di Simpang Logpon Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu.

“Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti kita amankan di Polsek Rimbo Bujang,” terang Kasat.

Kasat menambahkan, pelaku merupakan kawanan begal yang kerap beraksi dengan cara merampas motor warga dengan disertai kekerasan.

 

Referensi:

https://jambiekspres.co.id/read/2018/06/25/24664/ibu-dan-anak-dibegal-di-tebo-pelaku-begal-diringkus-polisi

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto pria yang diklaim perampok toko emas di Pasar Simpang Limun Medan ternyata salah. Faktanya, foto tersebut merupakan pelaku begal di Desa Koto Tuo Ujung Pasir, Kecamatan Danau Kerinci, Jambi.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.