Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Jokowi Membaca Buku "SBY Mangkrak" hingga Pertamina Tidak Melayani Pengisian Pertalite Bagi Sepeda Motor 2 Tak

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Satu di antaranya foto Jokowi sedang membaca sebuah buku berjudul "SBY Mangkrak". Foto tersebut dibagikan pada awal bulan Agustus ini.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak duduk di sebuah ruangan sambil membaca buku berwarna putih. Buku tersebut berjudul "SBY SELALU MANGKRAK". Jokowi tampak mngkerutkan dahi saat membaca buku tersebut.

Unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook Zack Zuckerberg pada 5 Agustus 2021 ini mendapatkan 26 komentar dan disukai 72 warganet.

Namun setelah ditelusuri, unggahan foto Jokowi yang sedang membaca buku berjudul "SBY Mangkrak" adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut sudah disunting. Jokowi sedang membaca komik Si Juki dengan judul "Berani Gagal".

Selain foto Jokowi sedang membaca sebuah buku berjudul "SBY Mangkrak", terdapat beberapa foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SPBU Pertamina Tidak Melayani Pengisian Pertalite Bagi Sepeda Motor 2 Tak

Kabar tentang SBPU Pertamina tidak lagi melayani pengisian BBM jenis Pertalite bagi sepeda motor 2 tak mulai 22 Agustus 2021 beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar foto pengumuman di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 22 Agustus 2021. Berikut isi foto pengumuman tersebut:

Jakarta, 22 Agustus 2021

No. 119/Q23030/2021-S3

Perihal: Edaran

Dengan terhormat,

Seluruh Pengecer

PENGUMUMAN

MULAI TANGGAL 22 AGUSTUS 2021 SEMUA SPBU TIDAK MELAYANI PENGISIAN PERTALITE UNTUK 2 TAK

Setelah ditelusuri, kabar tentang SBPU Pertamina tidak lagi melayani pengisian BBM jenis Pertalite bagi sepeda motor 2 tak mulai 22 Agustus 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.