Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai PT Sido Muncul Bagikan Hadiah Rp 75 Juta

Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan beragam hadiah dari PT Sido Muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan beragam hadiah dari PT Sido Muncul. Pesan berantai itu menyebar sejak beberapa waktu lalu.

Berikut narasi dalam pesan berantai itu:

"info Resmi dari:PT.SIDO MUNCUL

SELAMAT Bagi andayang M-dpatkan Hadiah uang tunai Rp.75jtpin undian (2RR5A7)

U/info klik http://hadiahsidomuncul7.blogspot.com/p/daftar-pemenang."

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut PT Sido Muncul membagikan hadiah Rp 75 juta?

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi link yang dimaksud dalam pesan berantai. Ternyata link tersebut mengarah ke website yang tidak resmi.

Website resmi PT Sido Muncul beralamat di sidomuncul.co.id bukan seperti alamat yang disertakan dalam pesan berantai. Di dalam website resmi PT Sido Muncul terdapat penjelasan sebagai berikut:

"Sehubungan dengan maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan Sido Muncul untuk info lowongan kerja dan undian berhadiah, bersama ini kami sampaikan bahwa kami tidak pernah mengadakan undian berhadiah dan info lowongan kerja melalui media SELAIN website resmi kami www.sidomuncul.co.id, dan akun resmi kami untuk lowongan kerja di Jobstreet "PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk."

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui info@sidomuncul.co.id atau recruitment@sidomuncul.co.id"

Di dalam website resmi juga disebutkan PT Sido Muncul berdiri pada tahun 1975 atau saat ini berusia 46 tahun, berbeda dengan di website palsu yang menyebut ulang tahun ke-64.

Selain itu penjelasan tersebut juga pernah diposting di akun media sosial PT Sido Muncul di Twitter @Sidomuncul_Corp yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 10 Mei 2021 lalu.

Berikut isi postingannya:

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. tidak pernah melakukan pengumuman pemenang kuis berhadiah maupun lomba secara langsung melalui sms maupun aplikasi chat. Harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan #SidoMuncul ya!

Semua informasi terkait kuis berhadiah akan diinformasikan melalui website http://sidomuncul.co.id atau media sosial resmi Sido Muncul"

Sumber:

https://www.sidomuncul.co.id/id/home.html

https://twitter.com/Sidomuncul_Corp/status/1391721560646447118

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut PT Sido Muncul membagikan hadiah Rp 75 juta adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.