Sukses

Gotong Royong Masyarakat Diperlukan untuk Perangi Hoaks

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyebut penyebaran informasi hoaks yang beredar dapat dilawan dengan cara gotong royong.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengadakan seminar daring “Segara Amarta Gaman Siber” yang digelar secara virtual, Rabu (25/8/2021). Seminar ini membahas tentang cara memerangi dan menangkal penyebaran hoaks di masyarakat.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyebut penyebaran informasi hoaks yang beredar dapat dilawan dengan cara gotong royong.

“Yang dibutuhkan dalam memerangi hoaks adalah kolaborasi karena dampak dari informasi bohong di dunia maya ini sangat hebat. Tidak hanya masyarakat di wilayah tertentu saja tetapi bisa tersebar ke belahan dunia lain,” ujar Heroe dilansir Antara.

“Kami sudah melakukan pelatihan literasi digital kepada masyarakat baik di tingkat komunitas terkecil seperti RT dan RW. Intinya lebih berhati-hati saat menerima informasi di media sosial atau di dunia maya.”

Ia juga berharap masyarakat memiliki respons otomatis untuk mengklarifikasi informasi yang meragukan sebelum disebarluaskan. "Harus ada masyarakat lain yang menjadi tempat bertanya untuk memastikan, untuk mengklarifikasi informasi yang beredar benar atau tidak. Ada 'sapa aruh' yang menjadi inti gotong royong," ujarnya.

(MG/ Azarine Jovita Halim)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.