Sukses

Simak Kumpulan Hoaks terkait Olahraga Belakangan Ini

Sejumlah kabar hoaks masih banyak beredar yang mengaitkan tentang atlet olahraga di platform sosial, terutama Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan sejumlah kabar hoaks masih banyak beredar yang mengaitkan tentang atlet dan bidang olahraga di platform sosial, terutama Facebook. Isinya pun macam-macam, mulai dari meninggalnya atlet, hingga kerumunan yang ditimbulkan.

Cek Fakta Liputan6.com telah melakukan penelusuran dan menemukan sejumlah informasi viral yang berkaitan tentang olahraga adalah hoaks.

Berikut beberapa hoaks seputar olahraga selama pandemi Covid-19:

1. Hoaks Kabar John Cena Meninggal Dunia pada 18 Agustus 2021

Beberapa waktu lalu, berita atlet gulat WWE, John Cena meninggal dunia beredar di media sosial. Informasi ini disebarkan oleh akun Facebook Hamodin Panagas pada 18 Agustus 2021.

Video yang berdurasi 19 detik ini berisi beberapa gambar John Cena dan terdapat narasi R.I.P 1977-2021. Foto selanjutnya menunjukkan John Cena yang terbaring di atas ranjang rumah sakit, matanya ditutup perban dan mulutnya tertancap selang. Gambar selanjutnya tampak aktor Dwayne Johnson tengah berdiri di samping peti mati.

“R.I.P John Cena,” tulis pemilik akun Facebook tersebut.

Setelah ditelusuri oleh Cek Fakta Liputan6.com yang menggunakan mesin pencari Google Search terbukti bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Faktanya, video yang diunggah pada Facebook Hamodin Pangas merupakan video hasil editan.

Sumber: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4635263/cek-fakta-hoaks-kabar-john-cena-meninggal-dunia-pada-18-agustus-2021

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Tidak Benar dalam Foto Ini 300 Ribu Fans Rayakan Transfer Messi ke PSG

Foto yang disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia terkait 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke Paris Saint German (PSG) pada 10 Agustus 2021.

Foto unggahan tersebut menampilkan kerumunan orang memadati sebuah tempat. Foto ini sudah dibagikan sebanyak 1.700 kali dan mendapatkan 3 ribu komentar dari warganet.

“300.000 fans berkumpul di Paris untuk merayakan transfer Messi ke PSG,” tulis pemilik akun.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto tersebut dengan mengunggah foto tersebut pada Google Reverse Images dan menemukan bahwa foto tersebut adalah kerumunan penonton saat festival music Lollapalooza di Chicago, Amerika Serikat pada 3 Agustus 2021.

Sumber: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4630779/cek-fakta-tidak-benar-dalam-foto-ini-300-ribu-fans-rayakan-transfer-messi-ke-psg?source=search

3. Tidak Benar Real Madrid Pindah ke Liga Inggris

Beberapa waktu lalu telah beredar video unggahan di media sosial tentang klub sepak bola Real Madrid ke Liga Inggris. Video ini diunggah oleh akun Facebook Opta_Indonesia74 pada 15 Agustus 2021.

Video berdurasi 3 menit 19 detik itu berjudul "Real Madrid pindah ke Liga Inggris" dan sudah ditonton 194 akun lainnya. Di dalam video itu disebut kabar Real Madrid pindah ke Real Madrid diambil dari media Mundo Deportivo.

Penelusuran yang dilakukan oleh Cek Fakta Liputan6.com dengan mengunjungi situs resmi Real Madrid mendapatkan kabar tersebut adalah salah. Dalam situs resmi Real Madrid tersebut juga menyebutkan bahwa rumor tersebut tidak benar.

Berikut penelusurannya: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4634677/cek-fakta-tidak-benar-real-madrid-pindah-ke-liga-inggris

(MG/Geiska Vatikan Isdy)

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.