Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Jenazah Seorang Ulama di Lombok Hilang Saat Dikubur

Beredar video video yang diklaim jenazah seorang ulama di Lombok, NTB hilang saat dikubur. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim jenazah seorang ulama di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hilang saat dikubur beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Ahmad Tunggal pada 9 Agustus 2021.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah orang tengah memasukkan jenazah ke liang lahat. Video itu kemudian dikaitkan dengan hilangnya jenazah seorang ulama saat dikuburkan di Lombok.

"Jenazah seorang ulama di Lombok hilang saat diluangkan lahat,yang tinggal hanya kafannya kemarin hari Ahad 8 Agustus 2021," tulis akun Facebook Ahmad Tunggal.

Video yang disebarkan akun Facebook Ahmad Tunggal telah 779 kali direspons dan mendapat 261 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut jenazah seorang ulama di Lombok, NTB hilang saat dikubur? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim jenazah seorang ulama di Lombok, NTB hilang saat dikubur. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "janazah ulama hilang di lombok" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat beberapa video yang meluruskan soal kabar hilangnya jenazah seorang ulama di Lombok. Satu di antaranya video berjudul "Viral Video Jenazah Ulama Hilang saat Dimakamkan" yang dimuat channel YouTube metrotvnews pada 11 Agustus 2021.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube metrotvnews.

Dalam video tersebut terdapat pernyataan dari pihak keluarga alharmuh TBH Lalu Al Bayani Akbar, Lalu Zainal Arfan. Ia mengaku kaget dengan kabar yang menyebut jenazah ayahnya itu disebut hilang saat dimakamkan.

"Karena terlalu ramai, saya tidak mendengar itu. Saya juga kaget, sebagai putranya kok bisa orang tua saya (disebut hilang) begini," ucap dia.

Sementara, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto memastikan bahwa kabar hilangnya jenazah seorang ulama yang beredar lewat video adalah tidak benar.

Polisi, kata dia, sudah menelusuri kabar tersebut dengan menanyakan langsung ke pihak keluarga almarhum.

"Apa yg disampaikan masyarakat melalui video yang sudah viral itu tidak benar. Jadi kalau dibilang menghilang, dari pihak keluarga sudah menyampaikan itu tidak benar. Dan jenazah masih ada di liang lahat dan dikebumikan dengan baik," kata Artanto.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=KupfqEz28YA

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim jenazah seorang ulama di Lombok, NTB hilang saat dikubur ternyata tidak benar. Faktanya, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga almarhum kepada polisi bahwa jenazah masih ada di liang lahat dan dikebumikan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.