Sukses

Masyarakat Texas Siap Perangi Penyebaran Misinformasi Covid-19

Pejabat Texas ingin memberikan informasi yang akurat terkait Covid-19 dan agar masyarakat juga mempercayai sumber yang kredibel.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Texas, Amerika Serikat (AS) siap memerangi penyebaran informasi yang tidak benar terkait Covid-19. Anggota Dewan Kota Beaumont, Texas, mengatakan untuk memerangi penyebaran informasi yang salah mengenai pandemi, pejabat lokal dan komunitas Texas Tenggara harus bekerja sama.

Informasi yang salah bealakangan memang terus menjadi topik pembicaraan hangat, dan dua anggota dewan kota Beaumont mendorong komunitas Texas Tenggara untuk mengikuti fakta.

Dilansir dari 12 News, dengan adanya misinformasi terkait vaksin Covid-19 dan efektivitas masker, saat ini lebih penting untuk pejabat memberikan informasi yang akurat dan agar masyarakat juga mempercayai sumber yang kredibel.

“Saya pikir penting bagi pejabat terpilih untuk mengeluarkan informasi yang akurat dan, saya tahu bahwa ketika saya mengatakan sesuatu, itu adalah sesuatu yang telah saya verifikasi,” ujar seorang anggota dewan, Mike Getz.

Pejabat Texas Tenggara ingin masyarakat membuat keputusan terbaik mendapatkan kesehatan mereka dengan semua informasi yang benar. Beberapa anggota dewan lainnya merasakan hal yang sama. “Kami harus mempertahankan standar yang lebih tinggi untuk memastikan kami menempatkan informasi yang valid di luar sana,” Albert Turner, anggota dewan Kota Beaumont menambahkan.

Menurut Tuner, hidup di era digital ini banyak orang Texas Tenggara menggunakan media sosial untuk mendapatkan berita dan informasi. Kedua anggota dewan sepakat bahwa penting bagi masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dan menyampaikan informasi yang benar dan akurat.

“Jadi, pada titik tertentu, kita harus melakukan pekerjaan yang lebih baik sebagai manusia, sebagai pejabat terpilih, karena orang-orang pada umumnya memeriksa informasi yang disebarkan,” ungkap Turner.

Selama satu setengah tahun terakhir, pejabat kesehatan telah mempelajari banyak hal baru tentang virus tersebut. Pusat Pengendalian Penyakit mengatakan COVID-19 terutama menyebar melalui penularan dari orang ke orang dan bukan pada permukaan seperti pompa bensin seperti yang diduga sebelumnya.

“Delta adalah yang paling menular dari varian yang diidentifikasi sejauh ini dan menyebar dengan cepat di antara populasi yang tidak divaksinasi,” ungkap Dr. Tedros Ghebreyesus, direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

(MG/Geiska Vatikan Isdy)

Sumber: https://www.12newsnow.com/article/news/health/coronavirus/beaumont-city-council-members-fight-spread-of-covid-19-misinformation/502-f775841e-638c-4fef-b535-5d34450bba67

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.