Sukses

Simak Hoaks Terbaru Selebriti Dalam Negeri Meninggal Dunia

Berikut hoaks seputar selebriti meninggal dunia

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang meninggalnya sejumlah selebriti beredar di media sosial. Namun, sejumlah kabar duka tersebut terbukti hoaks sebab hanyalah berita bohong.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasih sejumlah selebriti yang meninggal, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks terbaru selebriti meninggal dunia:

1. Judul Artikel "Kabar Duka Selamat Jalan Nunung Srimulat" Ini Tak Sesuai Isi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati artikel tentang kabar duka selamat jalan Nunung Srimulat. Informasi tersebut diunggah akun Facebook Friska, pada 3 Agustus 2021.

Unggahan informasi artikel tentang kabar duka selamat jalan Nunung Srimulat tersebut berupa tautan judul artikel "Innalillahi kabar duka, Selamat jalan Nunung Srimulat karya Mu akan selalu dikenang"

Berikut isinya:

"Konten video tidak memberitakan kabar duka terkait Nunung Srimulat. Isi dari konten hanya membacakan artikel berjudul “Kenang Masa Kecil, Nunung Srimulat Pernah Bersihkan Makam dan Jualan Demi Dapat Uang” yang tayang di tribunnews.com pada 22 Juni 2021.

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=====

Narasi:

“Tinggal Kenangan!! Selamat jalan Nunung Srimulat karyaMu akan selalu dikenang”

=====

Penjelasan:

Kanal Youtube Lambe Uprus mengunggah konten video dengan judul “Tinggal Kenangan!! Selamat jalan Nunung Srimulat karyaMu akan selalu dikenang” pada 22 Juni 2021 lalu. Konten tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari dua juta kali di Youtube.

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa konten tersebut tidak memberitakan kabar duka terkait pelawak Nunung Srimulat. Isi konten tersebut merupakan pembacaan dari artikel berjudul “Kenang Masa Kecil, Nunung Srimulat Pernah Bersihkan Makam dan Jualan Demi Dapat Uang” yang tayang di tribunnews.com pada 22 Juni 2021.

Dilansir dari Kuyou.id, diketahui Nunung masih aktif di media sosialnya. Diketahui pada postingan terakhir Instagram @nunung63.official, yakni 5 hari yang lalu, Nunung terlihat masih mempromosikan makanan Sei Sapi.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Innalillahi kabar duka, Selamat jalan Nunung Srimulat karyaMu akan selalu dikenang".

Benarkah informasi artikel tentang kabar duka selamat jalan Nunung Srimulat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi artikel kabar duka Nunung Srimulat tidak benar.

Judul artikel yang disajikan tidak sesuai dengan isinya, tidak ada ulasan tentang kabar duka yang berasal dari Nunung Srimulat.

 

2. Artikel tentang Kabar Duka Anang Hermansyah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati aerikel kabar duka Anang Hermansyah, informasi tersebut diunggah akun Facebook Ustd Ahmad Al Habsyi, pada 28 Juni 2021.

Unggahan informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah ini berupa tautan artikel berjudul 'Berita Duka...Innalilahi Selamat Jalan Untuk Selamanya, Anang Hermansyah " Semoga Seluruh Keluarga Diberi Ketabahan Dan Ikhlas'.

Berikut isi artikel tersebut:

"Jangan Pernah Takut Jika Kita Menikah Dengan Lelaki Yang Miskin Harta, Percayalah saat Kita Menikah ALLAH SWT. Akan Membuka Pintu Rezeki Dengan Mudah

Janganlah Takut Menikah Dengan Lelaki Yang Miskin Harta - Wahai ukhti, janganlah takut bila menikah dengan lelaki yang miskin harta, lantaran harta dapat dicari bersama setelah menikah.

Namun takutlah menikah dengan lelaki yang miskin iman serta tanggung jawab, karena hal itu bisa membuatmu akan tidak nyaman di dalam rumah tanggamu nantinya.

Percayalah, waktu kita menikah, jadi Allah SWT bakal membukakan pintu-pintu rejeki dengan gampang, entah itu datangnya dari suami atau mungkin istri.

Allah SWT Berfirman : " Serta kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara anda, serta orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki serta hamba-hamba sahayamu yang wanita. Bila mereka miskin Allah bakal memampukan mereka dengan karunia-Nya, serta Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Tahu. " (QS. An-Nur : 32).

Janganlah Takut Menikah Dengan Lelaki Yang Miskin Harta

Yakinlah, selama kita beriman serta bertaqwa dijalan Allah, jadi begitu mudah bagi-Nya untuk mengabulkan semua doa-doa anak Adam, yang tengah meminta diberkahi karena sudah menyempurnakan separuh Agamanya.

Bisa saja waktu awal menikah perlengkapan rumah belum kita punyai. Bahkan juga rumah juga masihlah sewa serta kendaraan masihlah menyicil.

Teruslah bersukur, serta teruslah doakan kebaikan untuk dia. Karena mungkin saja saat ini Allah berikan kita hidup serba pas pasan, bisa jadi besok, lusa, atau mungkin nanti, Allah SWT kirim berbagai keringanan untuk dia memperoleh rejeki yang lebih.

Tidak ada yang susah untuk Allah untuk merubah rejeki seseorang.

Percayalah, kalau harta kekayaan, gelar, pangkat jabatan serta kejayaan didunia hanya semu. Semua itu bakal selesai saat kita berbaring di atas dipan serta tertutup tanah."

Unggahan tersebut menampilkan foto Anang yang sedang berbaring di tempat tidur dan mengenakan selang di hidungnya, foto berikutnya adalah seorang yang sedang berbaring di tempat tidur menutup mata dan mengenakan masker.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Berita Duka..InnaIiIahi SeIamat Jalan Untuk SeIamanya, Anang Hermansyah “Semoga Seluruh Keluarga Diberi Ketabahan Dan Ikhlas”".

Benarkah informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah tidak benar.

Dalam artikel dari tautan yang diunggah tidak ada kalimat yang menyebut tentang kabar duka Anang Hermansyah.

Informasi tersebut masuk dalam kategori Altered konten yang diedit bertujuan mengelabui orang, sengaja dipotong dan disajikan di luar konteks

  

3. Kabar Wendi Cagur Meninggal Dunia pada 8 Mei 2021

Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs berita akalsehat.com pada 8 Mei 2021.

Situs berita akalsehat.com memuat artikel berjudul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt".

Selain itu, artikel tersebut juga menampilkan foto Wendi Cagur yang tengah terbaring di atas ranjang rumah sakit. Dalam foto itu juga terlihat artis Ruben Onsu yang tengah menemani Wendi.

Artikel tersebut juga disebarkan oleh beberapa akun Facebook. Satu di antaranya akun Facebook Sesen pada 8 Mei 2021. Ia pun menambahkan narasi dalam konten yang disebarkannya.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt," tulis akun Facebook Sesen.

Konten yang disebarkan akun Facebook Sesen telah 76 kali dibagikan dan mendapat 1.900 respons dari warganet.

Benarkah kabar Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021?Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.