Sukses

Jaga Ruang Digital Bersih, Kominfo Tuntut Tanggung Jawab Platform Media Sosial

Hingga saat ini Kementerian Kominfo menemukan 1.848 temuan isu hoaks seputar covid-19. Isu tersebut tersebar dalam 4.355 konten di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyebut hoaks atau informasi palsu adalah tantangan di era digital saat pandemi covid-19. Itu sebabnya ia berharap dukungan semua pihak agar hoaks tidak terus menyebar.

Hal ini disampaikan Usman usai pelantikannya, Selasa (11/8/2021). Ia menjelaskan berbagai langkah akan ditempuh untuk mencegah penyebaran hoaks.

Hingga saat ini Kementerian Kominfo menemukan 1.848 temuan isu hoaks seputar covid-19. Isu tersebut tersebar dalam 4.355 konten di media sosial.

"Kami berkomitmen untuk menjaga ruang digital dari berbagai konten negatif. Salah satunya menuntut tanggung jawab dan kontribusi dari platform digital di Indonesia seperti Facebook, Google, Twitter, dan Instagram karena memang hoaks itu adanya di platform tersebut," ujar Usman dilansir laman Kominfo.

"Kami juga sudah merencanakan berbagai pertemuan dengan industri media. Jadi pada saatnya kita sampaikan karena masih kita susun rencananya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.