Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Seputar Salat, dari Penangkapan Imam sampai Jemaah

Lalu informasi viral seputar salat apa saja yang telah terbukti hoaks oleh Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks bisa menyerang apa saja, tidak terkecuali kegiatan ibadah seperti salat. Penyebaran informasi palsu tersebut tentu dapat memprovokasi pihak yang mudah percaya tanpa memastikan kebenarannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelurusi sejumlah informasi viral terkait salat, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Lalu informasi viral seputar salat apa saja yang telah terbukti hoaks oleh Cek Fakta Liputan6.com? simak daftar berikut:

1. Salat Idul Adha Terbesar di AS dalam Video Ini Dilaksanakan pada 2021

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Info Berita Terkini, pada 21 Juli 2021.

Unggahan klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021 tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Umat muslim Amerika Gelar shalat idul Adha terbesar tahun ini"

Video yang diunggah menampilkan video siaran berita stasiun televisi dibawakan oleh dua pembawa berita, seorang pembawa berita lelaki membuka siaran berita tersebut berikut narasinya:

Umat muslim Amerika Serikat menggelar Salat Ied terbesar dalam perayaan Idul Adha di New Jersey Amerika Serikat"

Kemudia pembawa berita perempuan menimpalinya dengan narasi sebagai berikut:

"Sekitar 100 ribu jemaah menghadiri Salat Ied tersebut dan reportet TvOne Yandri Subekti ikut dalam pelaksanaan Salat Ied terbedar di Amerika Serikat tersebut."

Kemudian video menampilkan perjalanan menuju bangunan berbentu bundar yang terdapat sejumlah orang lelaki dan perempuan.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan sebagai berikut: "LIPUTAN KHUSUS REPORTER TvOne. NEW JERSEY. ASIDUL ADHA DI AMERIKA SERIKAT"

Bernarkah video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021 tidak benar.

Video Salat Idul Adha terbesar diselenggarakan di New Jersey, Amerika Serikat tersebut terjadi pada 2019 bukan 2021.

 

2. Video Penangkapan Imam Masjid yang Menyuruh Rapatkan Shaf Salat

 Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan klaim video penangkapan imam yang menyuruh rapatkan shaf salat. Informasi tersebut diunggah akun Facebook Zhee, pada 25 Juli 2021.

Unggahan tersebut berupa video seorang mengenakan peci hitam berbaju mereah dan masker sedang dipegangi oleh dua orang mengenakan baju hitam, salah satu orang terlitat beruliskan "Cyber Crime Polda Lampung".

Pada video terdapat tulisan "Imam yg menyuruh rapatkan shaf sholat kenapa ditangkap".

Benarkah klaim video penangkapan imam yang menyuruh rapatkan shaf salat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penangkapan imam yang menyuruh rapatkan shaf salat tidak benar.

Video tersebut memperlihatkan penangkapan penyebar video hoaks kerusuhan di terminal Kota Metro.

 

3. Video Warga Bekasi Ditangkap karena Mau Salat Id

Sebuah video yang diklaim warga Bekasi, Jawa Barat ditangkap karena ingin menjalankan salat Id beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Merizasatifa pada 21 Juli 2021.

Dalam video berdurasi 10 detik itu, tampak sejumlah pria duduk di dalam sebuah truk. Tangan mereka terlihat diborgol. Sebagian dari pria tersebut juga terlihat mengenakan sarung, kopiah, dan baju koko. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan penangkapan warga Bekasi karena ingin menjalankan salat Id.

"Nasib saudara2 kita di bekasi

Gara2 Mau sholat I'd

Mereka di tangkap di rantai Dan di kerangkeng

Sdh seperti di Uyghur tibet Dan burma..😭😭😭 Innalillahi wainna ilaihi Raji'un," tulis akun Facebook Merizasatifa.

Benarkah sejumlah warga Bekasi, Jawa Barat ditangkap karena ingin menjalankan salat Id? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video yang diklaim warga Bekasi, Jawa Barat ditangkap karena ingin menjalankan salat Id ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan peristiwa penangkapan sejumlah warga asing di Malaysia.

 

4. Menteri Agama Izinkan Sholat Idul Adha Berjemaah di Wilayah PPKM Darurat

Beredar di media sosial posting-an terkait Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengizinkan sholat Idul Adha 1442 H berjamaan di wilayah PPKM Darurat. Posting-an itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang mem-posting-nya bernama Wahyu Diono. Dia mengunggahnya di Facebook pada 14 Juli 2021.

Dalam posting-annya terdapat cuplikan layar berita dari okezone.com berjudul:

"Breaking News

Pemerintah Resmi IZINKAN Sholat Idul Adha 1442 H Berjama'ah di Wilayah PPKM Darurat (Jangan Takut Covid-19!)"

Selain itu ia menambahkan narasi: "PPKM darurat hanya mempersulit keadaan bukan merupakan penyelesaian masalah malah memperburuk keadaaan dari idiologi, politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanan menjadi ancaman tantangan hambatan dan gangguan di negara Republik ini. Ini adalah keputusan yg tepat untuk berdoa berjamaah agar pandemi covid 19 Terima kasih pemerintah melalui menteri agama"

Lalu benarkah posting-an yang menyebut Menteri Agama mengizinkan sholat Idul Adha 1442 H di wilayah PPKM Darurat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.