Waspada Website Palsu Catut Nama Bank BCA di Mesin Pencarian

Oleh Adyaksa Vidi pada 03 Agu 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 09:27 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks website palsu BCA. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - BCA mengimbau pada masyarakat untuk waspada pada iklan website palsu mengatasnamakan bank tersebut. Terlebih iklan tersebut kerap muncul di laman pertama pada mesin pencarian.

Dalam modusnya penipuan iklan palsu itu menampilkan gambar iklan resmi BCA atau tampilan awal websitenya. Namun iklan tersebut mengarahkan masyarakat pada link atau tautan ke website palsu.

Oknum pembuat iklan palsu di mesin pencarian itu memanfaatkan kelengahan masyarakat yang mengklik langsung tanpa melihat linknya. Kemudian masyarakat tak sadar menyerahkan data-data pribadi pada website palsu tersebut.

BCA menegaskan bahwa tidak pernah meminta data pribadi seperti nomor kartu ATM atau debit, PIN, atau OTP. Itu sebabnya masyarakat diminta tidak memberikan data pribadi pada pihak bank sekalipun.

Untuk alamat resmi website BCA sendiri adalah www.bca.co.id dan seluruh akun media sosialnya sudah bercentang biru atau terverifikasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya