Lawan Hoaks Seputar Vaksin Covid-19, Presiden Prancis Manfaatkan Fitur Baru Instagram

Oleh Adyaksa Vidi pada 03 Agu 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 17:45 WIB
Beri Semangat, Jill Biden Kenakan Seragam Tim AS di Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Cara menarik dilakukan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk menjawab informasi dan hoaks seputar vaksin covid-19. Dia memakai fitur terbaru Instagram, Reels saat memberikan informasi pada warganya.

Macron yang sedang berlibur merekam sendiri video masing-masing berdurasi satu menit saat menjawab pertanyaan warga. Bahkan Presiden berusia 43 tahun itu hanya menggunakan t-shirt dalam video tersebut.

Macron menjelaskan bahwa vaksinasi menjadi senjata melawan gelombang keempat pandemi covid-19. Dia juga sengaja membuat video tersebut setelah ada unjuk rasa menolak aturan menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 yang diikuti lebih dari 200 ribu warga Prancis.

"Saya tahu banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya, takut, banyak yang mendengar informasi palsu, desas-desus palsu, kadang-kadang informasi yang benar-benar sampah. Jadi saya memutuskan untuk menjawab pertanyaan Anda secara langsung dan menjawabnya sejelas mungkin," ujar Macron di Instagramnya seperti dilansir Yahoo.

Prancis sendiri menurut Kementerian Solidaritas dan Kesehatan hingga Minggu (1/8/2021) terdapat 42.592.047 orang yang sudah divaksin dosis pertama (63,2 persen dari populasi). Sementara orang yang sudah menerima vaksin covid-19 lengkap mencapai 35.472.139 orang (52,6 persen dari populasi).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Emmanuel Macron (@emmanuelmacron)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya