Kumpulan Hoaks Terbaru Seputar Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 27 Jul 2021, 13:17 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 19:48 WIB
Jokowi Perkenalkan 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju
Perbesar
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin bersiap memperkenalkan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019). 12 Wakil Menteri datang dari berbagai macam latar belakang dengan harapan dapat membantu kerja para menteri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beredar dimedia sosial, ini harus diwaspadai sebab akan merugikan bagi yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar Jokowi dan Ma'ruf Amin:

1.  Ma'ruf Amin Sebut Haram Buka Masjid dan Salat Idul Adha

 Kabar tentang Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut bahwa haram membuka masjid dan salat Idul Adha beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook TV Not Not pada 15 Juli 2021.

Akun Facebook Tv Not Not mengunggah video berjudul "VIRAL HARI INI ~ ASTAUFIRLAHH !! WAPRES RESMI NYATAKAN HARAM BUKA MASJID & SHOLAT IDUL ADHA ? ~ NEWS".

Terdapat narasi dalam thumbnail video tersebut. Berikut isinya:

"ASTAGFIRULLAH !! WAPRES RESMI NYATAKAN HARAM BUKA MASJID DAN SHOLAT IDUL ADHA. KAMU INI APA APAAN !!! ISTIGFAR RUP MAKRUP. MINTA PERTOLONGAN KEPADA ALLAH JANGAN KAU TUTUP MASJID DAN HARAMKAN SHOLAT IDUL ADHA !!"

Konten yang disebarkan akun Facebook Tv Not Not telah 4,8 juta ditonton dan mendapat 34 ribu komentar warganet.

Benarkah Wapres Ma'ruf Amin menyebut haram membuka masjid dan salat Idul Adha? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2. Jokowi Mengundurkan dari Jabatan Presiden

Kabar tentang Jokowi mengundurkan diri dari kursi presiden beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Al Khobar Masyhur pada 13 Juli 2021.

Akun Facebook Al Khobar Masyhur mengunggah video berdurasi 14 menit 5 detik. Dalam video itu terdapat gambar berisi narasi sebagai berikut:

"Saya, Presiden Indonesia. Memohon maaf atas ucapan, tindakan dalam menangani covid, akibatnya Indonesia menjadi negara gagal"

"BERITA TERKINI ~ INIKAH ALASAN PRESIDEN MENGUNDURKAN DIRI ?!? JKW HRS ANGKAT KAKI DARI ISTANA NEGARA," tulis akun Facebook Al Khobar Masyhur.

Video yang disebarkan akun Facebook Al Khobar Masyhur telah 1 juta kali dintont dan mendapat 8.600 komentar warganet.

Benarkah kabar Jokowi mengundurkan diri dari kursi presiden? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang Jokowi mengundurkan diri dari kursi presiden ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valin mengenai isu tersebut.

 

3. Jokowi Lengser dari Kursi Presiden dan Digantikan oleh Prabowo 

Kabar tentang Jokowi lengser dari kursi presiden dan digantikan oleh Prabowo Subianto beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Doye gaming creator pada 18 Juli 2021.

Akun Facebook Doye gaming creator mengunggah video berdurasi 3 menit 5 detik yang berisi rekaman Jokowi tengah memberikan pidato. Terdapat juga potongan gambar Prabowo yang juga tengah berpidato.

"Saya akan meneruskan langkah-langkah yang teoritis, jadi begini ya saya baru beberapa jam serah terima. Saya akan pelajari semua masalah, kita mencari solusi yang terbaik," demikian pernyataan Prabowo dalam video tersebut.

Akun Facebook Doye gaming creator mengaitkan video tersebut dengan pengunduran diri Jokowi dari kursi presiden dan akan digantikan oleh Prabowo.

"Cuplikan berita terkini benar jokowi akan lengser di gantikan oleh prabowon dan wakil president anies?

Tonton sampai selesai,,," tulis akun Facebook Doye gaming creator.

Benarkah dalam video tersebut Jokowi mundur dari kursi presiden? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang Jokowi lengser dari kursi presiden dan digantikan oleh Prabowo Subianto ternyata tidak benar atau hoaks.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Video yang disebarkan akun Facebook Doye gaming creator tidak terkait dengan kabar Jokowi mundur dari kursi presiden.

 

4. Ma'ruf Amin Mundur dari Kursi Wakil Presiden

Kabar tentang Ma'ruf Amin mundur dari kursi wakil presiden beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Amir Ahmad pada 6 Juli 2021.

Akun Facebook Amir Ahmad mengunggah sebuah video berjudul "BUKAN TANPA PAKSAAN WAPRES KEMBALI KE NU" dari situs berbagi video YouTube.

Dalam gambar thumbnail video tersebut terdapat narasi yang menyebut bahwa Ma'ruf Amin mundur dari kursi wakil presiden sebagai berikut:

BUKAN TANPA PAKSAAN WAPRES AMIN KEMBALI KE NU !!

JKW AKHIRNYA TANDA TANGAN. WAPRES AMIN MUNDUR MEMINTA MAAF KE JKW

Benarkah Ma'ruf Amin mundur dari kursi wakil presiden? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Kabar tentang Ma'ruf Amin mundur dari kursi wakil presiden ternyata tidak benar alias hoaks. Faktany, tidak ada informasi valid terkait kabar tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya