Kumpulan Video Hoaks Seputar PPKM Darurat, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 23 Jul 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat beredar di media sosial dengan beragam bentuk, salah satunya ada video. Biasanya, informasi palsu tersebut dikemas dengan keterangan yang tidak sesuai fakta sehingga dapat menyesatkan yang menontonnya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah klaim video seputar PPKM Darurat, hasilnya sebagin informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan video hoaks seputar PPKM Darurat:

1. Video Tukang Tambal Ban Disuruh Buka Online Selama PPKM Darurat

 Beredar di media sosial postingan terkait tukang tambal ban yang diperingatkan untuk dibuka secara online selama PPKM Darurat, 3-20 Juli 2021. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah akun bernama Mbah Djim. Dia mempostingnya di Facebook pada 9 Juli 2021.

Dalam postingannya terdapat video yang berdurasi 7 detik. Isinya percakapan antara anggota Satpol PP dengan tukang tambal ban.

"Satpol PP itu berkata: Mulai hari ini sampai tanggal 20 tidak ada melayani kecuali online"

Kemudian tukang tambal itu menjawab: "Tambal ban online pak?"

Dalam postingannya akun tersebut juga menambahkan narasi: "Tambal ban online cek..."

Lalu benarkah video tukang tambal ban diperingatkan untuk buka secara online selama PPKM Darurat, 3-20 Juli 2021? Simak penelusurannya di sini.

 

2. Video Penceramah Marah karena Pemerintah Terapkan PPKM

Sebuah video yang diklaim seorang penceramah marah-marah karena pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Hold GOD Strongtv pada 13 Juli 2021.

Terdapat sebuah narasi yang menyebut bahwa penceramah dalam video itu marah-marah karena pemerintah menerapkan PPKM.

"Memanas??? PPKM DI TERAPKAN GURU PAK MAKRUF AMIN MARAH-MARAH

KH. SUKRON MAKMUN" demikian narasi dalam video tersebut.

"Memanas??? PPKM di terapkan, Guru pak Makruh Amin marah-marah," tulis akun Facebook Hold GOD Strongtv.

Benarkah penceramah dalam video tersebut marah-marah karena pemerintah menerapkan PPKM? Berikut penelusurannya.

 

3.  Video Gereja Bratayudha Tetap Laksanakan Ibadah saat Ke Masjid Dilarang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pelaksanaan ibadah di gereja daerah Bratayudha saat umat muslim dilarang ke masjid.

klaim video pelaksanaan ibadah di gereja daerah Bratayudha saat umat muslim dilarang ke masjid menampilkan seorang sedang merekam jalan dari dalam mobil, dalam video tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"Di seputar daerah Bratayudha yang ada gereja, ini Cina semua lagi beribadah di gereja nih.Sementara orang-orang Islam, muslim tidak boleh ke masjid, itu di gereja mah wah banyak. Ini di Jalan Bratayudha saudara-saudara. Tolong diinformasikan nih"

Benarkah klaim video pelaksanaan ibadah di gereja daerah Bratayudha saat umat muslim dilarang ke masjid? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video pelaksanaan ibadah di gereja daerah Bratayudha saat umat muslim dilarang ke masjid tidak benar.

Aktivitas warga dalam video tersebut bukan beribadah di gereja, melainkan kegiatan vaksinasi.

 

4.  Video WNA Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta saat PPKM

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Warga Negara Asing (WNA) masuk Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat PPKM darurat. Klaim tersebut diunggah oleh akun Video In the word, pada 5 Juli 2021.

Video klaim WNA masuk Indonesia lewat Bandara Soetta saat PPKM darurat menampilkan sejumlah orang sedang berjalan memasuki sebuah gedung, dalam video tersebut terdapat tulisan.

"tgl 3-7-2021 JKT PPKM warga asing masuk di Soeta"

Dalam video terdapat narasi suara sebagai berikut:

"Warga Negara Asing ya parah banget lagi corona gini lagi ketat ketatnya corona datang semua ke Jakarta."

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Warga negara asing memasuki indonesia Disaat PPKM.."

Benarkah klaim video WNA masuk Indonesia lewat Bandara Soetta saat PPKM darurat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video WNA masuk Indonesia lewat Bandara Soetta saat PPKM darurat tidak benar.

Pada 3 Juli 2021 atau saat berlakunya PPKM Darurat Jawa - Bali berlaku, tidak ada kelompok WNA seperti di video tersebut di Bandara Soekarno-Hatta.

Simak Video Berikut

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya