Cek Fakta: Hoaks Kabar Jokowi Lengser dari Kursi Presiden dan Digantikan oleh Prabowo

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 23 Jul 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 11:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Jokowi Lengser dari Kursi Presiden dan Digantikan oleh Prabowo Subianto (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Jokowi Lengser dari Kursi Presiden dan Digantikan oleh Prabowo Subianto (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Jokowi lengser dari kursi presiden dan digantikan oleh Prabowo Subianto beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Doye gaming creator pada 18 Juli 2021.

Akun Facebook Doye gaming creator mengunggah video berdurasi 3 menit 5 detik yang berisi rekaman Jokowi tengah memberikan pidato. Terdapat juga potongan gambar Prabowo yang juga tengah berpidato.

"Saya akan meneruskan langkah-langkah yang teoritis, jadi begini ya saya baru beberapa jam serah terima. Saya akan pelajari semua masalah, kita mencari solusi yang terbaik," demikian pernyataan Prabowo dalam video tersebut.

Akun Facebook Doye gaming creator mengaitkan video tersebut dengan pengunduran diri Jokowi dari kursi presiden dan akan digantikan oleh Prabowo.

"Cuplikan berita terkini benar jokowi akan lengser di gantikan oleh prabowon dan wakil president anies?

Tonton sampai selesai,,," tulis akun Facebook Doye gaming creator.

Video yang disebarkan akun Facebook Doye gaming creator telah 962 ribu kali ditonton dan mendapat 9.500 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Jokowi mundur dari kursi presiden? Berikut penelusurannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Google Reverse Images.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Google Reverse Images.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Jokowi lengser dari kursi presiden dan digantikan oleh Prabowo Subianto. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "jokowi lengser digantikan prabowo" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya, tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Penelusuran dilanjutkan dengan mengunggah potongan gambar dari video tersebut ke situs Google Images..

Hasilnya, terdapat gambar serupa dalam video berjudul "Pidato Presiden RI pada Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024, 20 Oktober 2019" yang dimuat channel YouTube Sekretariat Presiden pada 23 Oktober 20219.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Sekretariat Presiden.

Liputan6.com juga mengunggah potongan gambar Prabowo dalam video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat gambar serupa dalam video berjudul "Pidato Prabowo di Sertijab Menteri Pertahanan - Liputan 6 Pagi" yang dimuat Channel YouTube Surya Citra Televisi (SCTV) pada 25 Oktober 2019.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Surya Citra Televisi (SCTV).

 

Referensi:

 

https://www.youtube.com/watch?v=ZxBdPOIPZSM

https://www.youtube.com/watch?v=IOk3h94kGNA

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Kabar tentang Jokowi lengser dari kursi presiden dan digantikan oleh Prabowo Subianto ternyata tidak benar atau hoaks.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Video yang disebarkan akun Facebook Doye gaming creator tidak terkait dengan kabar Jokowi mundur dari kursi presiden.

 

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya