Ragam Hoaks Seputar Bawang: Cegah Covid-19 Hingga Bisa Keluarkan Cairan di Paru-paru

Oleh Adyaksa Vidi pada 20 Jul 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 18:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar cara penanganan dan penyembuhan covid-19 banyak beredar selama pandemi. Salah satu yang kerap dijadikan hoaks adalah bawang.

Hoaks terkait bawang ini menyebar melalui aplikasi percakapan dan media sosial. Lalu apa saja informasi hoaks seputar bawang dalam menangani atau menyembuhkan covid-19?

Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Bawang Putih Bisa Keluarkan Cairan di Paru-paru Akibat Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai berisi video cara membersihkan cairan lendir di paru-paru akibat covid-19. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Dalam video yang beredar terdapat seseorang yang memasukkan bawang putih ke dalam hidungnya. Orang tersebut mengklaim bawang putih bisa mengeluarkan lendir dan mengembalikan indera penciuman.

Selain itu video itu juga dilengkapi narasi:

"Paru2 tak bisa memompa dan memasukkan oksigen karna dipenuhi cairan lendir yg kental.Jadi paru2 sulit untuk bekerja.Cara yg paling efektif mengeluarkan lendir dr paru2 sebenarnya mudah..Ambil 2 siung b putih masukan kehidung seperti vidio..Biarkn selama 15 - 20 mnt..mata terasa perih tak apa2 membersihkan kotoran mata..Setelah 15 - 20 mnt lepas b putih tadi..Nanti lendir banyak yg berada d paru2 keluar dr hidung..dpt dilakukan selang 2 jm sekali..biar paru2 terbebas dr lendir yg menggang pernafasan..tlng disebarkn agar yg sakit / belum tertular dr covid 19 terselamatkn...Aamiin"

Lalu benarkah video yang mengklaim bisa mengeluarkan lendir di paru-paru akibat covid-19 hanya dengan bawang putih? Simak dalam artikel berikut ini...

 

 

Hoaks Selanjutnya

Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

2. Cek Fakta: Tidak Benar Sambal Bawang Bisa Cegah Covid-19

Beredar kembali di aplikasi percakapan pesan berantai terkait bawang yang bisa mencegah virus corona covid-19. Pesan berantai tersebut kembali ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai disebutkan orang Indonesia kebal pada virus corona covid-19 karena sering mengonsumsi sambal bawang. Berikut isi pesan berantai tersebut selengkapnya:

"SAMBEL BAWANG

Pesan simbah ku biyen , ojo lali kala-kala ( kadang-kadang ) maem gawe "sambel bawang" Lee....

Ternyata ohh ternyata.... Leluhur kita sudah meramu resep penangkal segala virus /bakteri sedari dulu...

Tau kah anda ? Sambel bawang adalah resep warisan leluhur dgn komposisi yg sangat tepat untuk memperbaiki antibody tubuh kita.

Kenapa bawang mentah ? Di dalamnya terdapat zat antioksidan alami yg sangat dibutuhkan tubuh , kudu dengan cabe rawit , kenapa ? Di dalam cabe rawit banyak terkandung vitamin C dosis tinggi , sehingga bagus untuk daya tahan tubuh...

Kenapa sambel bawang diuleg dalam keadaan mentah ? Dan di siram minyak ( minyak goreng ) ? Agar zat di dalam bawang putih yg keluar saat diuleg , tidak sampai menguap dan hilang begitu saja...

Terikat di dalam sambal dan lebur dengan minyak goreng , yg selanjutnya kita konsumsi...

Maka dari itu tidak perlu panik , selama masih doyan makan pake sambal bawang dan tetap menjaga PHBS.

virus/kuman/bakteri jahat , Tak akan pernah mampir ke tubuh kita.. Jgn lupa tetap cuci tangan , kalo tak ada antiseptik , sabun colekpun okelahh...

Kenapa orang di luar negeri banyak yg kena virus corona? Mungkin karena mereka nggak kenal dan nggak pernah di warisi resep ini sama leluhur mereka , bersyukurlah kita.. Sebagai bangsa Indonesia.. Karena itulah penangkal nya corona.... SAMBAL BAWANG"

Lalu benarkah sambal bawang bisa menangkal virus corona covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

Hoaks Lainnya

Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax

3. Cek Fakta: Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

Kabar tentang air rebusan bawang putih yang diklaim bisa menyembuhkan virus corona atau Covid-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Laila pada 15 Maret 2020.

Akun Facebook Laila mengunggah gambar yang berisi narasi manfaat air rebusan bawang putih yang bisa menyembuhkan Covid-19. Berikut narasinya:

Kabar baik!!! Virus Corona Wuhan dapat menyembuhkan dirinya sendiri *dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Dokter Tiongkok yang lama membuktikan keeftifannya. banyak pasien juga telah terbukti efektif, RESEP: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih. Diperbaiki dan disembuhkan semalam ...tolong dibagikan dengan semua kontak Anda dapat membantu menyelamatkan nyawa ..

Akun ini juga mengeklaim bahwa air rebusan bawang putih bisa menjadi obat menyembuhkan corona.

"Obat corona," tulis akun Facebook Laila. Konten yang diunggah akun Facebook Laila telah 1.600 kali oleh warganet.

Lalu benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓