Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Bawang Putih Bisa Keluarkan Cairan di Paru-paru Akibat Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai berisi video cara membersihkan cairan lendir di paru-paru akibat covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai berisi video cara membersihkan cairan lendir di paru-paru akibat covid-19. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Dalam video yang beredar terdapat seseorang yang memasukkan bawang putih ke dalam hidungnya. Orang tersebut mengklaim bawang putih bisa mengeluarkan lendir dan mengembalikan indera penciuman.

Selain itu video itu juga dilengkapi narasi:

"Paru2 tak bisa memompa dan memasukkan oksigen karna dipenuhi cairan lendir yg kental.Jadi paru2 sulit untuk bekerja.Cara yg paling efektif mengeluarkan lendir dr paru2 sebenarnya mudah..Ambil 2 siung b putih masukan kehidung seperti vidio..Biarkn selama 15 - 20 mnt..mata terasa perih tak apa2 membersihkan kotoran mata..Setelah 15 - 20 mnt lepas b putih tadi..Nanti lendir banyak yg berada d paru2 keluar dr hidung..dpt dilakukan selang 2 jm sekali..biar paru2 terbebas dr lendir yg menggang pernafasan..tlng disebarkn agar yg sakit / belum tertular dr covid 19 terselamatkn...Aamiin"

Lalu benarkah video yang mengklaim bisa mengeluarkan lendir di paru-paru akibat covid-19 hanya dengan bawang putih?

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com meminta penjelasan dari dokter Muhamad Fajri Adda'i terkait klaim dalam video tersebut. Ia menyebut apa yang dilakukan dalam video itu tidak benar.

"Tidak betul bahwa bawang putih bisa membersihkan atau mengeluarkan lendir dari paru-paru akibat covid-19. Tidak ada bukti ilmiah terkait pernyataan dalam pesan berantai itu," ujar dr. Fajri saat dihubungi Selasa (20/7/2021).

"Untuk mengambil cairan dari paru-paru tidak semudah itu. Jadi itu sangat ngawur," ujarnya menambahkan.

Ia juga menyebut tindakan seperti tersebut justru bisa berbahaya jika dilakukan secara sembarangan.

"Kegiatan tanpa dasar itu karena jika ada bawang yang tertelan bisa menyumbat saluran pernafasan kita. Ada juga risiko iritasi dan bahkan bisa kekurangan oksigen jika bawang yang dimasukkan ke hidung menutupi saluran pernafasan. Hal seperti ini jangan ditiru di rumah," ujar dokter sekaligus edukator covid-19 itu menambahkan.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga meminta penjelasan dari dr. Decsa Medika Hertanto SpPD.

"Tidak semudah itu cairan atau lendir di paru-paru dikeluarkan karena letaknya di dalam banget. Jadi itu tidak benar yang dikatakan dalam pesan berantainya," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai berisi video yang mengklaim bisa mengeluarkan lendir di paru-paru akibat covid-19 hanya dengan bawang putih adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.