Sukses

Ragam Hoaks Seputar Cristiano Ronaldo: Sumbang Gaji untuk Hamas Hingga Video Baca Al Quran

Hoaks bisa menyerang atau mencatut siapa saja tak terkecuali pesepak bola ternama, Cristiano Ronaldo.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang atau mencatut siapa saja tak terkecuali pesepak bola ternama, Cristiano Ronaldo. Hoaks terkait Cristiano Ronaldo menyebar luas dalam berbagai tema di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Cristiano Ronaldo? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Pria yang Baca Alquran dalam Video Ini Bukan Cristiano Ronaldo

ebuah video yang diklaim pemain sepak bola Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Dika Riansyah pada 24 Mei 2021.

Dalam video berdruasi 25 detik, tampak seorang pria tengah duduk di lantai sambil membaca kitab suci alquran. Pria dalam video tersebut kemudian dikaitkan dengan sosok Cristiano Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo baca Alquran 😍," tulis akun Facebook Dika Riansyah.

Video yang disebarkan akun Facebook Dika Riansyah telah 92 kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran? Simak dalam artikel berikut ini...

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hoaks Selanjutnya

2. Cek Fakta: Tidak Benar Cristiano Ronaldo Geser Botol Coca Cola karena Produk Yahudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi.

Klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi diunggah akun Facebook Sarah Smith, pada 16 Juni 2021.

Video tersebut menampilkan Cristiano Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca-Cola yang ada dihadapannya kemudian mengangkat botol putih.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Maak Jangan Pernah Meletakan Minuman Coca-Colla di depan Saya yah...🤭🤭🤭Karena Saya Tahu Itu Produck Yahudi Yg Hasil Penjualan tuk Membunuh Orang Palestine...🙏"🏻

Benarkah klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Cristiano Ronaldo Sumbang Gajinya untuk Bantu Hamas Beli Roket

Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo pada 17 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 10 menit 44 detik itu, terlihat gambar alat tempur milik tentara, termasuk roket dan peluru kendali.

Selain itu terdapat juga gambar wawancara Cristiano Ronaldo. Eks pemain Real Madrid itu tampak tengah duduk dan mengenakan kemeja berwarna biru. Terdapat narasi yang menyebut bahwa Ronaldo akan menyumbangkan 1000 roket untuk melawan Israel.

"1000 roket saya sumbangkan untuk ratakan Israel"

"Ronaldo Sumbangkan Gajinya Untuk Bantu Hamas Beli Roket...👈📢‼‼" tulis akun Facebook Rizky Mth Subudiyo.

Video yang disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo telah 36 kali ditayangkan dan mendapat sejumlah repons dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket? Simak dalam artikel berikut ini....

3 dari 4 halaman

Hoaks Lainnya

4. Cek Fakta: Viral Video Ronaldo Tolak Bersalaman dengan Pemimpin Israel, Benarkah?

Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Lestari Tari Muhammadin pada 15 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 16 detik itu, tampak Ronaldo yang mengenakan kostum berwarna putih tengah bersalaman dengan sejumlah pria. Namun, Ronaldo memilh tidak menyalami dua pria dalam selepas menerima medali.

Akun Facebook Lestari Tari Muhammadin kemudian mengaitkan dua pria tersebut dengan pemimpin Israel.

"Momen Cristiano Ronaldo saat tdk mau salaman dg pemimpin Israel..." tulis akun Facebook Lestari Tari Muhammadin.

Konten yang disebarkan akun Facebook Lestari Tari Muhammadin telah 111 kali ditonton dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.