Kumpulan Hoaks Terbaru Publik Figur yang Dikabarkan Meninggal Dunia

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 01 Jul 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi hoax
Perbesar
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah publik figur dikabarkan meninggal dunia belakangan ini, informasi tersebut tentu menimbulkan beragam reaksi. Namun, sebaiknya kita tidak langsung mempercayainya sebab sebagian informasi tersebut hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi tentang kabar meninggalnya sejumlah publik figur, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan kabar hoaks publik figur meninggal dunia:

1. Eks Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak Meninggal Dunia pada 2 Juni 2021

Kabar tentang mantan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak meninggal dunia pada 2 Juni 2021 beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Rabu (2/6/2021).

Dalam pesan berantai tersebut berisi informasi bahwa Awang Faroek Ishak meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Berikut narasinya:

"Innalillahi Wainnailaihirajiun... semoga Allah Mengampuni Segala dosa dan kesalahan beliau, memberikan yang terbaik serta memberikan kesabaran bagi keluarga beliau... Hari ini wafat Bapak Prof. H. Awang Faroek Ishak di RSPAD Gatot subroto JKT... Waassalaam"

Benarkah kabar tentang mantan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meninggal dunia pada 2 Juni 2021? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang mantan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meninggal dunia pada 2 Juni 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

2.  Wendi Cagur Meninggal Dunia pada 8 Mei 2021

Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs berita akalsehat.com pada 8 Mei 2021.

Situs berita akalsehat.com memuat artikel berjudul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt".

Selain itu, artikel tersebut juga menampilkan foto Wendi Cagur yang tengah terbaring di atas ranjang rumah sakit. Dalam foto itu juga terlihat artis Ruben Onsu yang tengah menemani Wendi.  

Artikel tersebut juga disebarkan oleh beberapa akun Facebook. Satu di antaranya akun Facebook Sesen pada 8 Mei 2021. Ia pun menambahkan narasi dalam konten yang disebarkannya.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt," tulis akun Facebook Sesen.

Benarkah kabar Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

3. Ifan Seventeen Meninggal Dunia pada 14 Juni 2021

Kabar tentang musisi Ifan Seventeen meninggal dunia akibat kecelakaan pada 14 Juni 2021 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Aura comel pada 14 Juni 2021.

Akun Facebook Aura comel mengunggah artikel berjudul " Kabar Duka.Innalillahi Wainna Ilaihi Raji'un, Ifan Seventen Meninggal Akibat Kecelakaan.." yang dimuat situs comel-1.xyz.

"Kabar Duka.Innalillahi Wainna Ilaihi Raji'un, Ifan Seventen Meninggal Akibat Kecelakaan.." tulis akun Facebook Aura comel.

Konten yang disebarkan akun Facebook Aura comel telah 2 kali direspons dan mendapat 1 komentar warganet.

Benarkah kabar musisi Ifan Seventeen meninggal dunia akibat kecelakaan pada 14 Juni 2021? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Kabar tentang musisi Ifan Seventeen meninggal dunia akibat kecelakaan pada 14 Juni 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

4. Artikel tentang Kabar Duka Anang Hermansyah

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati aerikel kabar duka Anang Hermansyah, informasi tersebut diunggah akun Facebook Ustd Ahmad Al Habsyi, pada 28 Juni 2021.

Unggahan informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah ini berupa tautan artikel berjudul 'Berita Duka...Innalilahi Selamat Jalan Untuk Selamanya, Anang Hermansyah " Semoga Seluruh Keluarga Diberi Ketabahan Dan Ikhlas'.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Berita Duka..InnaIiIahi SeIamat Jalan Untuk SeIamanya, Anang Hermansyah “Semoga Seluruh Keluarga Diberi Ketabahan Dan Ikhlas”".

Benarkah informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi artikel kabar duka Anang Hermansyah tidak benar.

Dalam artikel dari tautan yang diunggah tidak ada kalimat yang menyebut tentang kabar duka Anang Hermansyah.

Informasi tersebut masuk dalam kategori Altered konten yang diedit bertujuan mengelabui orang, sengaja dipotong dan disajikan di luar konteks

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut

chatbot cekfakta
Perbesar
chatbot cekfakta
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya