Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta, Cara Cepat Kenali Hoaks

Oleh Edu Krisnadefa pada 23 Jun 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 17:00 WIB
Cek Fakta Chatbot Liputan6.com
Perbesar
Cek Fakta Chatbot Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Liputan6.com resmi merilis layanan Chatbot WhatsApp terkait informasi hoaks, Rabu (23/6). Layanan ini dinamakan Chatbot Liputan6 Cek Fakta.

Penyebaran hoaks yang sangat masif dalam berbagai bentuk dan platform, menjadi salah satu alasan utama Liputan6.com yang berada di bawah naungan KapanLagi Youniverse (KLY), merilis Chatbot Liputan6 Cek Fakta ini.

Diharapkan ini menjadi sebuah terobosan agar masyarakat lebih mudah mengenali hoaks dan pada gilirannya diharapkan ikut memerangi hoaks itu sendiri.

Sebab, Wenseslaus Manggut, Chief Content Officer (COO) KLY, menyebut, untuk memberantas hoaks dibutuhkan juga peran serta aktif dari publik. Literasi dan edukasi publik harus kuat untuk bisa mendapatkan informasi yang tepat.

"Nah, publik harus mudah menjangkau informasi dan literasi itu. Chatbot ini adalah saluran untuk mempermudah itu," ujar Wens, yang juga menjabat sebagai ketua umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) itu.

Dengan adanya chatbot Liputan6 Cek Fakta ini, publik tidak perlu lagi mencari -cari informasi hoaks ke mana-mana. "Informasi itu ada di jari dia. Ada di handphone dia. Jika butuh sesuatu tinggal pencet," Kak Wens, melanjutkan di acara live streaming Liputan6 Update.

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Peluncuran Chatbot WhatsApp Cek Fakta Liputan6.com
Perbesar
Peluncuran Chatbot WhatsApp Cek Fakta Liputan6.com oleh Pemred Liputan6.com Irna Gustiawati dan Chief Content Officer KapanLagi Youniverse Wenseslaus Manggut.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati, menyebut chatbot Liputan6 Cek Fakta ini adalah salah satu usaha Liputan6.com untuk memberikan informasi yang benar atau fakta kepada masyarakat.

"Sudah menjadi tugas kami mengecek dan memverifikasi hoaks-hoaks yang beredar di masyarakat. Kami harus mencegah orang berpikir bahwa hoaks itu berita benar, karena seringnya mereka terpapar berita-berita tidak benar," ujarnya.

Cara penggunaan chatbot Liputan6 Cek Fakta ini pun cukup mudah. Masyarakat tinggal melakukan chat ke nomor 0811-9787-670 lalu mengetikkan kata kunci terkait hoaks yang ingin dicari. Respons pun akan diterima dengan cepat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

chatbot cekfakta
Perbesar
chatbot cekfakta
Lanjutkan Membaca ↓