Deretan Foto Hoaks Sepekan: Uang Rp 11 Ribu Triliun di Gorong-gorong hingga Penampakan Gadis Ular

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 22 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 13:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Satu di antaranya foto yang diklaim Presiden Jokowi menyimpan uang Rp 11 ribu triliun di dalam gorong-gorong beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Alfiiyah Elmeera pada 17 Juni 2021.

Dalam foto tersebut terlihat Jokowi tengah jongkok dan sambil menunjuk ke arah dalam gorong-gorong. Terdapat juga narasi "Uang 11 ribu triliun Saya simpan disitu".

"😆 ..Y0K Ndak Tau K0K Tanya Saya ..😄," tulis akun Facebook Alfiiyah Elmeera.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alfiiyah Elmeera telah 11 kali dibagikan dan mendapat 27 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim Presiden Jokowi menyimpan uang Rp 11 ribu triliun di dalam gorong-gorong ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa Jokowi sedang mengecek gorong-gorong di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ketika itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selain foto yang diklaim Presiden Jokowi menyimpan uang Rp 11 ribu triliun, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Foto yang Diklaim Erdogan Cium Tangan Joe Biden

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Cium Tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Cium Tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (sumber: Facebook).

Sebuah foto yang diklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mencium tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Yuhuindra Yuhuindra.

Dalam foto tersebut tampak Erdogan menunduk sambil mendekatkan tangannya ke arah Joe Biden. Sedangkan Biden tampak menyambut Erdogan. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan Erdogan mencium tangan Biden.

"*Turkiyem cium tangan Mamarika Joe Biden . 😂 Kadal gurun mana suaranya?...*

Bagaikan Seorang Ayah & Anak ❤️🙏" tulis akun Facebook Yuhuindra Yuhuindra.

Konten yang disebarkan akun Facebook Yuhuindra Yuhuindra telah 1 kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mencium tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ternyata tidak benar. Faktanya, dalam foto tersebut Erdogan tidak mencium tangan Biden.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Foto Penampakan Gadis Ular

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim artikel foto gadis ular. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bungan Citra Lestari, pada 15 Juni 2021.

Unggahan artikel foto gadis ular tersebut berupa tautan artikel berjudul "Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia" yang dimuat situs sebarinfo.xyz. Artikel situs tersebut menampilkan seorang perempuan berbaju merah sedang telungkup dengan berbadan menyerupai ular.

Berikut isinya:

"Binatang ini bernama Dabbah serta berulang-kali dimaksud Rasulullah SAW sebagai salah satu sinyal dekatnya kiamat. Bahkan juga Allah SWT dalam

dalilnya juga menerangkan mengenai binatang ini. Hal semacam ini tercantum dalam Quran Surat An-Naml : 82 yang berarti sebagaimana berikut.

“Apabila pengucapan sudah jatuh atas mereka, Kami mengeluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang bakal mengatakan pada mereka, kalau sebenarnya manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Kami, ” (An-Naml : 82).

Rasulullah SAW juga bersabda mengenai Dabbah ini serta jadi satu diantara pengingat Umat Islam selalu untuk bertaubat. Dalam hadist Kisah Muslim, Rasul menyebut tiga perkara yang bila ketiganya keluar jadi semuanya taubat serta amal tidak ada manfaatnya. Ketiganya yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

“Ada tiga perkara yang bila keluar jadi akan tidak berfungsi lagi keimanan orang yang belum beriman terlebih dulu ; atau belum mengupayakan kebaikan yang dikerjakan dalam keimannya. Ketiga perkara itu yaitu : terbitnya matahari dari barat, Dajjal serta binatang bumi. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Sesungguhnya tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kalinya nampak yaitu terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang pada manusia pada saat Dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, jadi yang satunya bakal berlangsung sesudahnya kurun waktu yang dekat. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Bersegeralah kalian beramal (sebelumnya datangnya) enam perkara… (beliau mengatakan salah satunya) dabbah. ” (HR. Muslim).

Nanti sesudah keluar, Dabbah bakal bicara pada manusia serta menyampaikan kabar kalau manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Allah. Ia memberi sinyal pembeda pada orang beriman serta kafir. Sinyal untuk orang yang beriman yaitu muka yang bersinar, sedang yang tidak, tandanya diberikan di bagian hidung sebagai sinyal kekufurannya.

“Binatang bumi itu keluar jadi ia berikan cap kepada manusia di muka mereka. Lalu jumlah mereka meningkat hingga seorang beli onta dia di tanya, ‘Dari siapa anda beli onta itu? ’ Dia menjawab, Dari salah seseorang yang dicap berwajah.. ”

(HR. Ahmad, dishahihkan oleh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah nomer 322).

Nanti Dabbah bakal keluar dari Mekkah dari masjid yang paling mulia. Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan dalam Majma’uz Zawaid VIII/7-8, dari Hudzaifah bin Asid secara marfu’.

“Dabbah bakal keluar dari masjid yang terbesar, ketika mereka (tengah sekedar duduk mendadak bumi bergetar) saat mereka tengah sekian mendadak bumi terbelah. ”

Ketidaksamaan pendapat banyak terjadi di kalangan ulama mengenai Dabbah ini. Dabbah dengan cara bhs mempunyai arti hewan yang jalan diatas bumi. Sebagian ulama menyampaikan kalau Dabbah yaitu anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih.

Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, kalau Rasulullah saw menyebutkan mengenai dabbah, (lantas beliau menjelaskan hadits, di dalamnya ada ungkapan)"

Unggahan artikel foto gadis ular tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia".

Setelah ditelusuri, foto gadis ular dalam artikel tersebut tidak benar. Foto tersebut berasal dari artikel di situs ini fiksi tidak dimaksudkan untuk dianggap serius.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓