Video Hoaks Sepekan: WN China Serbu Bandara di Riau hingga Kondisi Terkini Christian Eriksen Usai Kolaps

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 21 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 13:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Satu di antaranya video yang diklaim WN China menyerbu Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim, Riau beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Twitter @RAJO_LANGIT007 pada 6 Juni 2021.

Video berdurasi 1 menit itu memperlihatkan sebuah bandara dipenuhi oleh banyak orang. Mereka tampak mengenakan kaos olahraga berwarna merah dan kuning.

Dalam video terdengar suara seorang wanita yang menyebut bahwa Bandara Sultan Syarif Kasim dipenuhi WN China.

"Di Bandara Sultan Syarif Kasim, orang China ya semuanya," demikian suara dari seorang wanita dalam video.

"Cino lagi Cino lagi..kpnkah ini terjadi..?

#TiongkokBikinJongkok

#AdiliPerampokDanaHaji," tulis akun Twitter @RAJO_LANGIT007.

Konten yang disebarkan akun Twitter @RAJO_LANGIT007 telah 49 ribu kali ditonton dan mendapat beberapa komentar warganet.

Setelah ditelusuri, Video yang diklaim WN China menyerbu Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim, Riau ternyata tidak benar.

Faktanya, kumpulan orang yang memadati Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim, Riau merupakan wisatawan domestik yang habis menghadiri Bakar Tongkang.

Video itu sempat viral pada 1 Juli 2019 lalu. Pihak Imigrasi Riau kemudian mengklarifikasi bahwa video tersebut bukan serbuan WN China.

Selain video yang diklaim WN China menyerbu Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim, Riau, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video yang Diklaim Prabumulih Kota Bebas Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Prabumulih kota bebas Covid-19
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Prabumulih kota bebas Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Kota Prabumulih bebas Covid-19. Klaim Tersebut diunggah akun Facebook Abudzar Gusriy, pada 8 Juni 2021.

Unggahan klaim Kota Prabumulih bebas Covid-19 tersebut berupa video yang menayangkan siara berita PALTV tentang tanggapan Pemerintah Kota Prabumulih tidak menerapkan kerja dan belajar di rumah.

Video tersebut terdapat narasi suara yang ditranskrip sebagai berikut:

"Setelah Presiden Joko Widodo mengimbau untuk bekerja dan belajar di rumah, serta mengurangi aktifitas di luar, pernyataan tersebut berbanding terbaki dengan Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya. Orang nomor satu di Prabumulih tersebut mengatakan khusus Kota Prabumulih sementara tidak meliburkan pegawai Pemkot maupun siswa siswi sekolah. Menurutnya jika kebijakan tersebut diambil justru menimbulkan keresahan masyarakat.

Tidaklah biasa bae namanya penyakit, kita sudah tidak percaya lagi dengan tuhan sepertinya, bahwa penyakitnya itu diberi oleh tuhan untuk kito. Percayalah tuhan ini yang terbaik tuhan ini yang memberi sesuatu pelajaran bagi kito. Jangan sembahyang ndak jadi ndak boleh itu sesuatu yang memalukan

Jadi tidak ada libur? tidak kalay kita libur masyarakta resah

Selain menginstruksikan bekerja dan sekolah seperti biasa, walikota juga berharap kegiatan sholat di masjid tetap berjalan seperti biasa. Beliau juga menambahkan Pemerintah Kota Prabumulih akan menanggung seluruh biaya pengobatan jika memang ada warganya yang terkena Covid-19."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Iko bau mantap walikota nyo"

Setelah ditelusuri, video yang diklaim Prabumulih kota bebas Covid-19 tidak benar. Faktanya, berdasarkan situs resmi Komite Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) covid19.go.id, Kota Prabumulih masuk dalam zona sedang.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Anggota Dewan di Turki Baca Alquran Sebelum Rapat

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Anggota Dewan di Turki Baca Alquran Sebelum Rapat (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Anggota Dewan di Turki Baca Alquran Sebelum Rapat (sumber: Facebook).

Sebuah video yang diklaim anggota dewan di Turki membaca Alquran sebelum rapat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Siti Khadijah pada 13 Juni 2021.

Dalam video berdurasi 3 menit 27 detik itu, tampak sejumlah pria berpakaian jas tengah membaca Alquran. Mereka duduk di dalam sebuah ruangan mirip masjid. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan anggota dewan di Turki membaca Alquran sebelum memulai rapat.

"Di Turki anggota DPR / MPR nya sebelum rapat diawali dengan membaca Al'Quran bersama seluruh anggota dewan...👍

Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul sekaligus menjadi : uswah hasanah (suri teladan yang baik) bagi umatnya. “Laqod kaana lakum fii rosuulillaahi uswatun hasanatun” yang artinya “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al-Ahzab : 21).

~selengkapnya :

buka surat

(Al.ahzab [33] ayat 21-24)," tulis akun Facebook Siti Khadijah.

Video yang disebarkan akun Facebook Siti Khadijah telah 3.300 kali ditayangkan dan mendapat 52 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim anggota dewan di Turki membaca Alquran sebelum rapat ternyata tidak benar.

Faktanya, orang-orang yang ada di dalam video bukan anggota dewan Turki. Video itu memperlihatkan orang-orang yang membaca Alquran di Kompleks Makam Imam Reza di Masshad, Iran.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kondisi Terkini Christian Eriksen Usai Kolaps

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Kondisi Terkini Christian Eriksen Usai Kolaps di Pertandingan Piala Eropa (sumber: YouTube)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Kondisi Terkini Christian Eriksen Usai Kolaps di Pertandingan Piala Eropa (sumber: YouTube)

Sebuah video yang diklaim kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan channel YouTube LUCU INDONESIA pada 14 Juni 2021.

Video berdurasi 14 detik itu, Christian Eriksen terlihat melambaikan tangan dari dalam gedung. Ia tampak mengenakan jaket berwarna hitam sambil mengacungkan jempol.

Channel YouTube LUCU INDONESIA mengklaim bahwa video tersebut merupakan kondisi terkini dari Eriksen setelah kolaps saat pertandingan di Piala Eropa.

"Fans "geruduk" rumah sakit - Keadaan eriksen sehari setelah kejadian serangan jantung saat euro 2020 - Christian Eriksen Collapses," tulis channel YouTube LUCU INDONESIA.

Konten yang disebarkan channel YouTube LUCU INDONESIA telah 70 kali ditonton warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa ternyata tidak benar.

Faktanya, video tersebut merupakan rekaman Eriksen ketika menjalani tes medis di Milan, Italia, Januari 2020 lalu.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓