Ragam Hoaks dari Lapangan Hijau: Indra Sjafri ke Juventus Hingga Eriksen Kolaps Akibat Vaksin Covid-19

Oleh Adyaksa Vidi pada 18 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Jun 2021, 12:20 WIB
ilustrasi Sepak Bola
Perbesar
ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Berita terkait sepak bola selalu menjadi perhatian masyarakat. Sayangnya di balik berita tersebut terdapat oknum yang justru menyebar hoaks.

Hoaks terkait sepak bola banyak menyebar di media sosial maupun aplikasi percakapan. Lalu apa saja hoaks tersebut? berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Christian Eriksen Kolaps di Lapangan Akibat Vaksin Covid-19

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Christian Eriksen kolaps di Piala Eropa 2020 akibat divaksin covid-19. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang mengunggahnya bernama Daria Yang. Dia mempostingnya di Facebook pada 13 Juni 2021.

Dalam postingannya terdapat postingan berita dengan judul:

"CHRISTIAN ERIKSEN COLLAPSES 12 DAYS AFTER PFIZER VACCINE"

atau dalam Bahasa Indonesia:

"CHRISTIAN ERIKSEN KOLAPS 12 HARI SETELAH VAKSIN PFIZER"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Eriksen kolaps di lapangan akibat divaksin covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Pele Menangis di Makam Diego Maradona, Ini Buktinya

Media sosial dibuat terenyuh dengan sebuah foto yang menggambarkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dalam foto itu, Pele diklaim menangis di makam legenda Argentina, Diego Maradona.

Di dalam foto tersebut, Pele menggunakan pakaian serba hitam. Sambil memegang bunga, Pele menangis di depan makam dengan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Salah satu pengguna akun Facebook yang menggunggah foto menangis di makam Maradona adalah Rajib Prasad. Begini narasi yang dia buat:

"Ultimate Farewell...Pele’s bow to Maradona...Peaking Silently..!!"

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Perpisahan Terakhir … Pele membungkuk untuk Maradona … Memuncak dengan diam.. !!"

Lalu, benarkah klaim dari foto tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

 #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Hoaks Selanjutnya

Ilustrasi Sepak Bola
Perbesar
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

3. Cek Fakta: Tidak Benar Indra Sjafri Bakal Tangani Juventus

Beredar postingan di media sosial foto Indra Sjafri di markas Juventus. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun yang membagikannya adalah Rony Maldini Darungo. Ia mempostingnya pada Minggu (9/8/2020).

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 137 komentar dan 30 likes. Postingan tersebut memuat foto capture dari @FabrizioRomano bergambar Indra Sjafri dengan narasi:

"Indra Sjafri to Juventus is a done deal, confirmed. He is the first Indonesian who will coach in Serie A. Here we go! #Juventus"

Selain itu akun Facebook tersebut juga menambahi dengan narasi: "Indra Sjafri akan menukangi Juventus musim depan menyusul di pecatnya Marizio Sari dari kursi pelatih Juventus. Indra Sjafri di harapkan mampu memberikan gelar Liga Champions bagi Juventus. Go Indra Sjafri."

Lalu benarkah Indra Sjafri akan menangani Juventus musim depan? Simak dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Tidak Benar Cristiano Ronaldo Geser Botol Coca Cola karena Produk Yahudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi.

Klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi diunggah akun Facebook Sarah Smith, pada 16 Juni 2021.

Video tersebut menampilkan Cristiano Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca-Cola yang ada dihadapannya kemudian mengangkat botol putih.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Maak Jangan Pernah Meletakan Minuman Coca-Colla di depan Saya yah...🤭🤭🤭Karena Saya Tahu Itu Produck Yahudi Yg Hasil Penjualan tuk Membunuh Orang Palestine...🙏"🏻

Benarkah klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi? Simak dalam artikel berikut ini...

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓