Hoaks Terbaru Seputar Cristiano Ronaldo, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 17 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 13:00 WIB
Foto Piala Eropa: Sebaran 11 Gol Cristiano Ronaldo di 5 Edisi Piala Eropa yang Lampaui Rekor Michel Platini
Perbesar
Dengan 2 golnya ke gawang Hungaria dalam laga pertama Grup F Euro 2020 (Euro 2021), Selasa (15/6/2021), striker Portugal Cristiano Ronaldo total mengemas 11 gol di Piala Eropa, melampaui rekor milik Michele Platini dengan 9 gol. Berikut sebaran 11 gol tersebut. (Foto: AP/Pool/Bernadett Szabo)

Liputan6.com, Jakarta- Pemain sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo kerap dijadikan bahan hoaks, beragam berita bohong yang menghinggapinya.

Hoaks terbaru adalah video yang mengklaim Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah hoaks yang menghinggapi Cristiano Ronaldo.

Berikut hoaks terbaru seputar Cristiano Ronaldo:

1. Cristiano Ronaldo Geser Botol Coca Cola karena Produk Yahudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi.

Klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi diunggah akun Facebook Sarah Smith, pada 16 Juni 2021.

Video tersebut menampilkan Cristiano Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca-Cola yang ada dihadapannya kemudian mengangkat botol putih.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Maak Jangan Pernah Meletakan Minuman Coca-Colla di depan Saya yah...🤭🤭🤭Karena Saya Tahu Itu Produck Yahudi Yg Hasil Penjualan tuk Membunuh Orang Palestine...🙏"🏻

Benarkah klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola karena produk Yahudi tidak benar.

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pendukung gaya hidup sehat dan bukan penggemar minuman bersoda seperti Coca Cola.

 

2. Video Cristiano Ronaldo Sumbang Gajinya untuk Bantu Hamas Beli Roket

 Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo pada 17 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 10 menit 44 detik itu, terlihat gambar alat tempur milik tentara, termasuk roket dan peluru kendali.

Selain itu terdapat juga gambar wawancara Cristiano Ronaldo. Eks pemain Real Madrid itu tampak tengah duduk dan mengenakan kemeja berwarna biru. Terdapat narasi yang menyebut bahwa Ronaldo akan menyumbangkan 1000 roket untuk melawan Israel.

"1000 roket saya sumbangkan untuk ratakan Israel"

"Ronaldo Sumbangkan Gajinya Untuk Bantu Hamas Beli Roket...👈📢‼‼" tulis akun Facebook Rizky Mth Subudiyo.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket ternyata tidak benar.

Faktanya, video wawancara Cristiano Ronaldo tidak terkait dengan konflik Palestina dan Israel. Video tersebut merupakan pesan moral dan dukungan kepada anak-anak di Suriah.

 

3. Foto Cristiano Ronaldo dengan Buku Iqro

 

Cek Fakta Cristiano Ronaldo bawa buku Iqro

Beredar di media sosial foto Cristiano Ronaldo yang sedang pamer buku Iqro. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah bernama Ahe Lapangan. Ia mengunggah foto tersebut pada 14 November 2020.

Dalam postingannya nampak Cristiano Ronaldo sedang duduk di sebuah pesawat. Ia memamerkan buku Iqro yang dipegangnya. Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Keunggulan di Ahe pertigaan Ahe Lapangan Asri Bumiayu adalah adanya jam tambahan yakni belajar iqro , kenapa iqro ? Karena belajar Qur' an itu hukumnya wajib. Jadi belajar Iqro dulu ,jangan ceramah dulu"

Lalu benarkah Cristiano Ronaldo pernah berfoto dengan buku Iqro? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Postingan foto Cristiano Ronaldo sedang membawa buku Iqro adalah hoaks karena itu merupakan hasil foto suntingan. Faktanya Ronaldo sedang membawa buku O Poder Da Comunicacao.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

SImak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓