Kumpulan Hoaks Penampakan Manusia Bertubuh Hewan, Simak Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 15 Jun 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 20:00 WIB
ilustrasi Cek Fakta Hewan
Perbesar
ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta- Penampakan manusia bertubuh hewan tentu menarik dan membuat penasaran, informasi mahluk aneh tersebut muncul dalam bentuk foto atau video yang disebar di media sosial.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah penampakan manusia bertubuh hewan, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks penampakan manusia bertubuh hewan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

1. Penampakan Gadis Ular

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim artikel foto gadis ular. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bunga Citra Lestari, pada 15 Juni 2021.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular

 

Unggahan artikel foto gadis ular tersebut berupa tautan artikel berjudul "Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia" yang dimuat situs sebarinfo.xyz. Artikel situs tersebut menampilkan seorang perempuan berbaju merah sedang telungkup dengan berbadan menyerupai ular.

Benarkah artikel foto gadis ular? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, artikel foto gadis ular tidak benar.

Foto tersebut berasal dari artikel di situs ini fiksi tidak dimaksudkan untuk dianggap serius.

 

2. Foto Anak Durhaka Dikutuk Ibunya Jadi Makhluk Aneh

 Viral foto mahluk aneh yang mengklaim sebagai anak durhaka yang dikutuk ibunya, benarkah?

Viral foto makhluk aneh yang diklaim sebagai anak durhaka yang dikutuk ibunya menjadi buaya, klaim tersebut diunggah situs alquran-sun-nah.blogspot.com, dengan judul "Nauzubillahi Min Zalik,Anak Durhaka Berubah Menjadi Buaya..Semoga Yang Memb4gikan IniDijauhkan Azab Allah Swt"

Berikut isinya:

"Warga Bogor belakangan dihebohkan dengan kasus anak yang dikutuk ibunya. Anak itu dikutuk jadi batu oleh sang ibu di Gunung Picung,Kabupaten Bogor. Banyak pihak yang benanya-tanya tentang kebenaranberita tersebut. Sebab, berita anak berubah jadi batu berkembang cepat

melalui media sosial Facebook.

Berikut cerita yang sempat bikih heboh netizen beberapa hari terakhir:

Ini berita nyata dari kk nya teman saya yg mnjadi wanawan IPB

Bagi para anak mohon dicermati Kisah nyata ini jangan sampe kitadurhaka pada orangtua kita Kisah nyata di Kecamatan Tenjolaya, KabBogor tepatnya di gunung picung. Terjadi pada hari

kamis Anak dikutuk menjadi batu, anak itu meminta dibelikan motorninja, namun oleh ibunya dikasih motor matic.

Lalu anak itu marah ke ibunya posisi |bunya sedang mlaksanakan solattepatnya dalam keadaan sujud, lalu anak itu menendang kepalanya

Sekarang si anak menjadi batu dan posisi batunya sudah sampai kepalaanak itu. Sebelumnya, pelan2 anak itu berubah jadi batu dari kaki danskmg sudah sampai ke kepala.

Dan skarang sedang dlm proses penelitian oleh tim peneliti IPB

Mudah2an kita semua bisa mengambil hikmah dr kejadian ini

Dan senantiasa slalu ta'at pada orangtua, agama, nusa dan bangsa

Amiinn

Menanggapi adanya berita tersebut, Staff Bidang Sosial KecamatanPamijahan, Ridwan mengatakan bahwa berita tersebut adalah berita hoaxalias tidak benar adanya. ‘Itu berita hoax yang ramai di Facebook,tapi kenyataannya tidak ada,‘ katanya kepada Pojokjabar (Jawa PosGroup), Kamis (9/2).

Dia menegaskan bahwa tidak ada warga Gunung Picung, KecamatanPamijahan yang dikutuk. Bahkan, ia menantang kepada yang tidak percayauntuk datang langsung ke Pamijahan. ‘Kalau

tidak percaya, datang saja langsung ke Pamijahan,” pungkasnya.(ana/pojokjabar/yuz/JPG) Editor : Yusuf Asyari.

Benarkah foto makhluk aneh yang diklaim sebagai anak durhaka dikutuk ibunya? Simak penelusuran di sini.

Dari penelusuran fakta foto makhluk aneh yang diklaim anak durhaka dikutuk ibunya tidak benar. Fakta sebenarnya foto makhluk aneh memiliki perawakan gelap, kulit bersisik seperti reptil, dan kepalanya menyerupai moncong buaya itu lahir dari induk kerbau di Thailand.

 

4. Petani India Temukan Hewan Berkepala Manusia

Hoaks hewan berkepala manusia. (Twitter/Amit Kumar Vani)

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang menyebut petani India menemukan hewan berkaki empat, tapi memiliki kepala manusia.

Foto hewan berkaki empat dengan kepala manusia ini diunggah oleh akun Twitter Amit Kumar Vani. Dia menyebut makhluk ini telah menyerang seorang petani.

Begini narasi yang dia buat untuk unggahannya:

"Semua petani diminta untuk tidak pergi ke ladang sendirian. Waspadalah hewan yang sangat berbahaya ini telah tiba di Gujarat."

Lalu, benarkah ada hewan berkaki empat dengan kepala manusia seperti yang ditemukan di India? Simak penelusurannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi yang menyebut petani India menemukan hewan berkepala manusia adalah hoaks. Faktanya, itu merupakan sebuah karya seni, yakni patung silikon hiper-realistis.

 

4. Wanita Myanmar Menjadi Anjing karena Durhaka kepada Ibunya

Hoaks wanita menjadi anjing karena durhaka sama ibunya. (Facebook)

Sebuah video sedang viral di Myanmar. Disebutkan dalam video ada seorang wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya.

Akun Facebook atas nama Dua Pertandingan Cinta mengunggah video dengan klaim wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya 

Dalam unggahan video berdurasi 6 menit 14 detik tersebut, ada sosok yang diklaim sebagai anjing jelmaan seorang wanita. Video tersebut juga terdapat narasi yang menjelaskan tentang klaim tersebut.

Begini narasinya:

"Ini terjadi di Labutta (kota di Myanmar). Kisah nyata seorang wanita yang berubah dari manusia menjadi seekor anjing.

Namanya Ma Khin Hla dan usianya sekitar 16-17 tahun. Dia adalah seorang gadis Buddhis muda dengan karakter yang sangat liar dan kasar. Dia adalah anak tunggal tetapi tidak menghormati orang tuanya. Dia selalu meneriaki orang tuanya. Karena itu, dia menghadapi peristiwa yang sangat tragis dalam hidupnya.

Dia mengeluh kepada orangtuanya karena tidak memasak makan malamnya ketika mereka pulang dari biara setelah berpuasa. Dia menyebut ibunya 'jalang'. Kemudian dia pingsan. Ketika dia sadar, dia tidak lagi hidup sebagai manusia, tetapi sebagai seekor anjing. Meskipun manusia, dia bersandar pada posisi merangkak seperti anjing."

Di akhir video, sang narator menyebut kejadian ini terjadi pada tahun 2002.

Lalu, benarkah klaim yang menyebut wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya terjadi di Myanmar pada 2002? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video dengan klaim wanita di Myanmar dikutuk menjadi anjing karena durhaka sama ibunya adalah hoaks. Klaim ini termasuk dalam kategori palsu.

Faktanya, foto anjing yang berada diklaim tersebut merupakan karya seni dari seniman asal Austalia, Patricia Piccinini.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓