Sukses

Simak 6 Tips Agar Tidak Tertipu Lowongan Pekerjaan Palsu Catut Nama Pertamina

Penipuan biasanya berisikan lowongan di PT Pertamina pada daerah tertentu. Selain itu ada pula penipuan yang bermoduskan surat panggilan pada calon karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Penipuan lowongan pekerjaan atas nama PT Pertamina kerap beredar di masyarakat. Tak hanya di media sosial, penipuan ini juga langsung menyasar ke pengguna pribadi melalui email.

Penipuan biasanya berisikan lowongan di PT Pertamina pada daerah tertentu. Selain itu ada pula penipuan yang bermoduskan surat panggilan pada calon karyawan.

Beragam penipuan itu pun terkadang sangat meyakinkan. Selain memakai kop surat PT Pertamina, juga mencatut nama-nama pejabat yang ada di perusahaan BUMN tersebut.

Ironisnya beberapa penipuan meminta calon karyawan untuk mentransfer sejumlah dana dengan dalih untuk tes medis, transport, dan sebagainya.

Lalu bagaimana ciri penipuan lowongan pekerjaan atau surat panggilan dari PT Pertamina? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman resmi PT Pertamina di Linkedin:

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Penipuan

1. Pastikan Anda benar-benar pernah melamar di Pertamina

Pertamina tak pernah memberikan surat panggilan begitu saja pada masyarakat umum apalagi yang tak pernah melamar. Semua proses rekrutmen hanya dilakukan di website recruitment.pertamina.com.

2. Cek kembali alamat website/ email perusahaan

Pada umumnya rekrutmen palsu menggunakan webhosting dan email gratis seperti gmail, yahoo, hotmail, email dan sebagainya.

3. Perhatikan tata bahasa surat

Tata bahasa yang dipergunakan dalam rekrutmen palsui tidak rapi (tidak sesuai EYD) dan terlihat tidak profesional. Anda harus lebih teliti untuk membaca kalimat demi kalimat. Pada umumnya akan ditemukan kejanggalan dalam konten pengumuman rekrutmen palsu.

4. Curigai jika ada penawaran gaji

Anda harus mencurigai surat/ selebaran yang mencantumkan upah/ gaji tinggi untuk pelamarnya. Pertamina tidak pernah mencantumkan nominal upah/ gaji pada pengumuman rekrutmen.

Upah atau gaji akan disampaikan pada saat proses penawaran posisi, setelah kandidat lulus tahapan seleksi.

5. Tidak ada pungutan

Pertamina tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen. Serta tidak bekerja sama dengan agen travel tertentu selama proses rekrutmen.

6. Pastikan melalui call center

Pastikan email, telepon, atau sms berasal dari Pertamina. Hubungi call center resmi Pertamina yakni 1 500 000 untuk memastikan kebenaran informasinya.

Info resmi rekrutmen hanya melalui recruitment.pertamina.com dan email resmi pemberitahuan hanya recruitment@pertamina.com.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.