Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Artikel Foto Penampakan Gadis Ular

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim artikel foto gadis ular. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bungan Citra Lestari, pada 15 Juni 2021.

Unggahan artikel foto gadis ular tersebut berupa tautan artikel berjudul "Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia" yang dimuat situs sebarinfo.xyz. Artikel situs tersebut menampilkan seorang perempuan berbaju merah sedang telungkup dengan berbadan menyerupai ular.

Berikut isinya:

"Binatang ini bernama Dabbah serta berulang-kali dimaksud Rasulullah SAW sebagai salah satu sinyal dekatnya kiamat. Bahkan juga Allah SWT dalam 

dalilnya juga menerangkan mengenai binatang ini. Hal semacam ini tercantum dalam Quran Surat An-Naml : 82 yang berarti sebagaimana berikut.

 “Apabila pengucapan sudah jatuh atas mereka, Kami mengeluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang bakal mengatakan pada mereka, kalau sebenarnya manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Kami, ” (An-Naml : 82).

Rasulullah SAW juga bersabda mengenai Dabbah ini serta jadi satu diantara pengingat Umat Islam selalu untuk bertaubat. Dalam hadist Kisah Muslim, Rasul menyebut tiga perkara yang bila ketiganya keluar jadi semuanya taubat serta amal tidak ada manfaatnya. Ketiganya yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

 “Ada tiga perkara yang bila keluar jadi akan tidak berfungsi lagi keimanan orang yang belum beriman terlebih dulu ; atau belum mengupayakan kebaikan yang dikerjakan dalam keimannya. Ketiga perkara itu yaitu : terbitnya matahari dari barat, Dajjal serta binatang bumi. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Sesungguhnya tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kalinya nampak yaitu terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang pada manusia pada saat Dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, jadi yang satunya bakal berlangsung sesudahnya kurun waktu yang dekat. ” (HR. Muslim)

 Beliau juga bersabda : “Bersegeralah kalian beramal (sebelumnya datangnya) enam perkara… (beliau mengatakan salah satunya) dabbah. ” (HR. Muslim).

 Nanti sesudah keluar, Dabbah bakal bicara pada manusia serta menyampaikan kabar kalau manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Allah. Ia memberi sinyal pembeda pada orang beriman serta kafir. Sinyal untuk orang yang beriman yaitu muka yang bersinar, sedang yang tidak, tandanya diberikan di bagian hidung sebagai sinyal kekufurannya.

 “Binatang bumi itu keluar jadi ia berikan cap kepada manusia di muka mereka. Lalu jumlah mereka meningkat hingga seorang beli onta dia di tanya, ‘Dari siapa anda beli onta itu? ’ Dia menjawab, Dari salah seseorang yang dicap berwajah.. ”

(HR. Ahmad, dishahihkan oleh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah nomer 322).

 Nanti Dabbah bakal keluar dari Mekkah dari masjid yang paling mulia. Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan dalam Majma’uz Zawaid VIII/7-8, dari Hudzaifah bin Asid secara marfu’.

 “Dabbah bakal keluar dari masjid yang terbesar, ketika mereka (tengah sekedar duduk mendadak bumi bergetar) saat mereka tengah sekian mendadak bumi terbelah. ”

 Ketidaksamaan pendapat banyak terjadi di kalangan ulama mengenai Dabbah ini. Dabbah dengan cara bhs mempunyai arti hewan yang jalan diatas bumi. Sebagian ulama menyampaikan kalau Dabbah yaitu anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih.

 Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, kalau Rasulullah saw menyebutkan mengenai dabbah, (lantas beliau menjelaskan hadits, di dalamnya ada ungkapan)"

Unggahan artikel foto gadis ular tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ya Allah Gadis Ular Gemparkan Seluruh Dunia".

Benarkah artikel foto gadis ular? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Videi Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular dengan mengamati isi tautan artikel, hasilnya tidak ada kalimat yang menyebut tentang foto gadis ular. Artikel tersebut mengulas tentang binatang bernama Dabbah sebagai salah satu sinyal dekatnya kiamat.

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan foto klaim sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Fake Photo of “Thailand Snake Girl” Mai Li Fay Goes Viral" yang dimuat situs chiangraitimes.com, pada 14 Januari 2014.

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel foto gadis ular

 

Artikel situs chiangraitimes.com menyebutkan, Artikel dan gambar tersebut berasal dari situs web World News Daily Report, sebuah publikasi yang mengkhususkan diri dalam menghasilkan omong kosong yang tak tanggung-tanggung.

Situs ini menampilkan segala macam kisah aneh, termasuk seekor kuda dengan kepala bebek, lobster raksasa yang menyerang rumah, dan singa sirkus yang dengan malu-malu mengaku sebagai vegetarian. Faktanya, semua artikel di situs ini fiksi tidak dimaksudkan untuk dianggap serius. Mereka jelas dimaksudkan untuk menghibur dan menghibur. Klaim dalam laporan itu tidak masuk akal dan gambarnya jelas merupakan hasil manipulasi digital.

Sumber:

https://www.chiangraitimes.com/thailand-national-news/news-asia-thailand/fake-photo-of-thailand-snake-girl-mai-li-fay-goes-viral/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, artikel foto gadis ular tidak benar. Foto tersebut berasal dari artikel di situs ini fiksi tidak dimaksudkan untuk dianggap serius.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.