Akademisi: Hoaks Menjamur Saat Tingkat Literasi Media Rendah

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 13 Jun 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 17:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Edi Santoso mengungkapkan hoaks bisa tumbuh subur saat tingkat literasi media yang dimiliki masyarakat sangat rendah.

Tingkat literasi media yang rendah, tambah dia, ditandai oleh daya kritis yang rendah terhadap berita atau informasi yang diterimanya.

"Pasalnya hoaks bisa menjamur apabila tingkat literasi media masyarakat rendah," ungkap Edi dikutip dari Antara, Minggu (13/6/2021).

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk terus meningkatkan literasi media agar tidak rentan menjadi korban hoaks atau disinformasi.

"Hari Media Sosial ini bisa menjadi momentum untuk makin meningkatkannya," ucap dia.

Dia juga menambahkan bahwa pada saat ini media sosial memiliki banyak pengguna. Artinya, media sosial punya banyak pengaruh, baik pengaruh yang positif maupun negatif.

"Tapi masalahnya kemudian informasi menjadi melimpah, bahkan dapat dianalogikan menjadi banjir yang menenggelamkan banyak hal karena ada beberapa pihak yang hanyut dalam rimba informasi lantaran belum sepenuhnya siap karena masih rendahnya tingkat literasi digital," tutur Edi.

Terping, kata Edi, media sosial harus dipergunakan untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan. "Medsos harus dimanfaatkan untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan, bukan sebaliknya," tutup Edi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓