Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Kim Jong-un Pakai Kemeja "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata"

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 11 Jun 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 20:33 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Kim Jong-un Pakai Kemeja Bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata" (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Kim Jong-un Pakai Kemeja Bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata" (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memakai kemeja bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Badal Gholath pada 7 Juni 2021.

Dalam foto tersebut, Kim Jong-un tampak memakai kemeja berwarna putih bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" yang merupakan slogan kampanye Jokowi saat Pilpres 2019 lalu. Ia terlihat berbincang dengan dua pria di sebuah kebun.

"Muka Kim Jong Woon, Baju Kim Jong Os...

Ah udahlah, BUKAN URUSAN SAYA, Urusan gue ntuh teriak supaye Dunia tau kalo Penguasa +62 ntuh RAKUS...

Yuk teriak dengan TAGAR ūüĎá

#KembalikanDanaHaji

#MenagUnfaedah

#PecatMenag," tulis akun Facebook Badal Gholath.

Konten yang disebarkan akun Facebook Badal Gholath telah 6 kali dibagikan dan mendapat 83 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Kim Jong-un memakai kemeja bertuliskan bersih, merakyat, kerja nyata? Berikut penelusurannya.

 

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Kim Jong Un memakai kemeja bertuliskan "bersih, merakyat, dan kerja nyata". Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari foto tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Namun tidak ada tulisan "bersih, merakyat, kerja nyata" di kemeja yang dikenakan Kim Jong Un.

Satu di antaranya artikel berjudul "Kim Jong-un Blew Off Mike Pompeo to Visit a Potato Farm" yang dimuat situs nymag.com pada 11 Juli 2018 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs nymag.com

 

Referensi:

https://nymag.com/intelligencer/2018/07/kim-jong-un-blew-off-mike-pompeo-to-visit-a-potato-farm.html?gtm=bottom&gtm=bottom

 

Kesimpulan

Foto yang diklaim Kim Jong Un memakai kemeja bertuliskan "bersih, merakyat, dan kerja nyata" ternyata tidak benar. Faktanya, gambar yang disebarkan akun Facebook Badal Gholath merupakan hasil rekayasa digital atau editan.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓