Hoaks Paket Mencurigakan Gegerkan Hotel Dekat Lokasi KTT G7

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 11 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 14:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Hotel Falmouth di Barat Daya Inggris digegerkan dengan laporan paket mencurigakan pada Kamis 10 Juni 2021. Apalagi, hotel tersebut dekat dengan penyelenggaran konferensi tingkat tinggi negara G7 (KTT G7).

Aparat keamanan setempat langsung bergerak cepat dengan mengevakuasi sekitar 100 menjauh dari lokasi. Polisi juga sempat menutup jalan dan jalur pantai ke Carbis Bay dan mendirikan pagar baja serta memberlakukan aturan pembatasan lainnya.

Carbis Bay adalah resor tepi laut kecil yang menjadi tuan rumah untuk acara KTT G7. Namun setelah diselidiki, ternyata paket mecurigakan itu merupakan laporan palsu.

Dilansir dari bbc.com, polisi akhirnya menangkap pria yang diduga membuat laporan palsu tentang paket mencurigakan tersebut.Polisi Devon dan Cornwall mengatakan pria berusia 20 tahun itu dari Falmouth, telah ditahan.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Inggris pada Rabu malam (9/6) dan tinggal di resor tepi laut Inggris di Carbis Bay, sekitar 25 mil jauhnya dari Falmouth, yakni tempat sebagian besar awak media yang meliput acara tersebut menginap.

Keamanan untuk acara KTT G7, yang merupakan pertemuan langsung pertama para pemimpin negara maju utama selama hampir dua tahun, dibuat sangat ketat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya