Sukses

Infografis Cek Fakta: 3 Pertanyaan Sederhana untuk Mendeteksi Hoaks

Kebanyakan hoaks berkembang melalui media sosial atau aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks alias berita bohong masih jadi musuh serius di masyarakat. Hoaks hadir di berbagai platform. Kebanyakan hoaks berkembang melalui media sosial atau aplikasi percakapan.

Pada masa pandemi ini, persebaran hoaks justru makin masif. Maka itu, belakangan muncul istilah baru, infodemi yang menggambarkan suatu kondisi di mana begitu membanjirnya informasi yang kebenarannya tidak jelas.

Hoaks seputar vaksin belakangan menjadi primadona. Ini tentu terkait dengan program Pemerintah RI yang telah menjalankan program vaksinasi kepada masyarakat Indonesia demi mencapai herd immunity dalam melawan pandemi covid-19.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar tidak termakan hoaks-hoaks yang tidak bertanggung jawab? Berikut infografis tiga pertanyaan sederhana yang bisa kita gunakan untuk mendeteksi hoaks, seperti pernah diungkap fullfact.org.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.