Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Seorang Pemuda Berseragam PDIP Teriak "Aku Butuh PKI"

Beredar video yang diklaim seorang pemuda berseragam PDIP berteriak aku butuh PKI. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seorang pemuda berseragam PDIP berteriak aku butuh PKI beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook First Revolution pada 3 Oktober 2020.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, tampak sekelompok pemuda tengah menggelar unjuk rasa di suatu tempat. Seorang di antaranya diklaim berteriak dan menyebut "aku butuh PKI".

"AKU BUTUH PKI yang diutarakan oleh sekelompok pemuda

AKU BUTUH PKI yang diutarakan oleh sekelompok pemuda yang mengatasnamakan sebuah Partai dan admin harap pihak terkait dapat memeriksa siapakah pembuat video tersebut dan siapakah orang2nya didalam video

Admin First Revolution dapat video ini dari grup whatsapp," tulis akun Facebook First Revolution.

Video yang disebarkan akun Facebook First Revolution telah 6.900 kali ditonton dan mendapat 90 komentar warganet.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seorang pemuda berseragam PDIP berteriak aku butuh PKI. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya penelusuran mengarah ke akun Twitter @Paltiwest. Akun Twitter @Paltiwest mengunggah video serupa dan menjelaskan mengenai ucapan dari seorang pemuda di video tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan Video dari Akun Twitter @Paltiwest

"Aku PDIP Perjuangan, Aku DUDU (BUKAN) PKIHTI Jancuk Khilafah Keluar Dari Indonesia!!

Jangan buat hoax kalau tidak paham bahasa jawa ente bahlul!!" tulis akun Twitter @Paltiwest pada 28 Juni 2020.

Liputan6.com juga menemukan artikel yang membantah klaim tersebut. Adalah artikel berjudul "[DISINFORMASI] Kader PDIP: Aku Butuh PKI" yang dimuat situs kominfo.go.id pada 30 September 2020.

Beredar sebuah potongan video sekelompok kader partai PDI Perjuangan saat melakukan aksi di Jalan sambil meneriakkan beberapa kalimat berbahasa Jawa. Dalam video tersebut mereka diklaim mengucapkan kalimat “aku butuh PKI”.

Faktanya, setelah ditelusuri lebih lanjut, klaim yang menyebut bahwa orang dalam video tersebut mengucapkan “aku butuh PKI” adalah keliru. Dalam video asli, jika didengarkan dengan seksama, yang diucapkan oleh orang tersebut bukanlah “aku butuh PKI” melainkan “aku dudu PKI” yang berarti “aku bukan PKI”.

 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/29786/disinformasi-kader-pdip-aku-butuh-pki/0/laporan_isu_hoaks

https://twitter.com/Paltiwest/status/1277176883596062720

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seorang pemuda berseragam PDIP berteriak aku butuh PKI ternyata tidak benar. Faktanya pemuda dalam video tersebut berteriak "aku dudu PKI" yang berarti "aku bukan PKI".

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.