Sukses

Pesan Berantai Hoaks Sepekan: Hadiah dari Rolex hingga Eks Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak Meninggal Dunia

Beberapa kabar hoaks melalui pesan berantai masih bermunculan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Satu di antaranya pesan berantai berisi klaim jam Rolex membagikan hadiah jika jika mengisi survei melalui link yang diberikan. Berikut isi pesan berantainya:

"Rolex 100th Anniversaty Celebration

Free gifts for everyone! You have a chance to get a Rolex watch

https://fanbrian.com/tb.php?app=rolex"

Saat dibuka link tersebut mengarah ke website dengan narasi:

"Congratulations!Rolex 100th Anniversary Celebration ! Through the questionnaire, you will have a chance to get a Rolex watch"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Selamat! Perayaan Ulang Tahun Rolex ke-100!

Melalui kuesioner, Anda akan berkesempatan mendapatkan jam tangan Rolex."

Namun setelah ditelusuri, pesan berantai yang menyebut Rolex sedang mengadakan program bagi-bagi jam tangan dengan syarat mengisi survei adalah hoaks.

Selain klaim jam tangan Rolex membagikan hadiah di media sosial, terdapat pesan berantai hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertamina Bagikan Hadiah Hari Jadi ke-60

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pertamina (Persero) membagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60.

Informasi Pertamina bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60, beredar lewat aplikasi pecakapan WhatsApp berupa tautan.

Setelah ditelusuri, informasi Pertamina bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tidak benar.

Pertamina pun menghimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk hoaks modus penipuan yang mengatasnamakan Pertamina.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Eks Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak Meninggal Dunia pada 2 Juni 2021

Kabar tentang mantan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak meninggal dunia pada 2 Juni 2021 beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Rabu (2/6/2021).

Dalam pesan berantai tersebut berisi informasi bahwa Awang Faroek Ishak meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Berikut narasinya:

"Innalillahi Wainnailaihirajiun... semoga Allah Mengampuni Segala dosa dan kesalahan beliau, memberikan yang terbaik serta memberikan kesabaran bagi keluarga beliau... Hari ini wafat Bapak Prof. H. Awang Faroek Ishak di RSPAD Gatot subroto JKT... Waassalaam"

Setelah ditelusuri, kabar tentang mantan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meninggal dunia pada 2 Juni 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.