Lindungi Data Pribadi, Kominfo Imbau Masyarakat Lakukan 3 Langkah Ini

Oleh Adyaksa Vidi pada 04 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi password
Perbesar
Ilustrasi hoaks (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang mengincar data pribadi pengguna marak beredar belakangan ini. Tak sedikit masyarakat yang tergiur dan data pribadinya tercuri oleh oknum penyebar hoaks.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun angkat bicara terkait masalah ini. Mereka berharap masyarakat lebih waspada pada informasi atau pesan berantai yang menjanjikan hadiah tertentu.

Masyarakat diminta untuk berpikir lebih mendalam sebelum membuka tautan atau link yang biasanya disertakan dalam pesan berantai hoaks atau postingan di media sosial.

"Masyarakat bisa mengantisipasi penyalahgunaan data pribadi dengan beragam cara. Tentunya, penyalagunaan data bisa kita antisipasi sebetulnya dengan tidak membagikan informasi pribadi kita kepada sembarangan pihak," ujar Direktur Informasi Polhukam Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Bambang Gunawan dilansir laman Kominfo.

"Pertama, tidak membagikan informasi pribadi kepada sembarang pihak. Kedua, abaikan tautan yang mencurigakan dan hanya gunakan perangkat lunak yang asli. Dan ketiga, lakukan penggantian kata sandi (password) serta backup data penting secara rutin," katanya menambahkan.

Ia juga menjelaskan masyarakat tidak perlu takut untuk melapor jika ada kejahatan siber. "Ini khusus untuk yang menyangkut dengan eksploitasi, katakanlah pemerasan, penindasan, pencurian identitas, maka sudah seharusnya kita laporkan kepada yang berwajib, Terakhir, tentunya kita harus selalu waspada," ucapnya.

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓