Facebook Terus Berimprovisasi untuk Deteksi dan Hapus Hoaks

Oleh Liputan6.com pada 03 Jun 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 18:30 WIB
Ilustrasi Facebook
Perbesar
Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Facebook terus melakukan berbagai cara untuk mengurangi penyebaran informasi palsu atau hoaks. Kini, Facebook juga tengah melakukan improvisasi dalam strateginya untuk mengungkap penyebar hoaks.

Dilansir dari Digital Information World Facebook sendiri menyajikan laporan yaitu sebagai Laporan Ancaman tentang Aktivitas Pengaruh. Laporan ini mencakup upaya platform media sosial dalam mengungkap semua aktivitas influencer serta kedalaman tindakan untuk memerangi sesuatu yang menyesatkan.

Selain itu, Facebook juga telah berusaha lebih keras untuk menyebarkan tentang pentingnya pendidikan literasi digital. Hal ini ditujukan kepada seluruh pengguna internet. Facebook juga telah mengerjakan alat detektifnya.

Banyak kelompok yang telah menggunakan pengoperasian yang lebih kecil dan hampir tidak menggunakan sumber daya dan target audiens dalam skala kecil. Facebook sendiri juga mengklaim bahwa kelompok-kelompok jenis ini takut terdeteksi oleh pihak Facebook. Mereka justru melarikan diri ke platform media sosial lainnya.

Laporan terbaru Facebook memberikan gambaran mengenai bagaimana mereka meningkatkan sistem pengawasannya. Facebook juga terus berusaha untuk meningkatkan strateginya dan mengatasi grup-grup tertentu yang merupakan penyebar hoaks.

Kelompok-kelompok ini akan terus berusaha menghindari pengawasan oleh platform media sosial manapun. Mereka juga menyerang blog lokal dengan tujuan agar tidak terdeteksi oleh sistem manapun.

(MG/Jihan Fairuz)

Sumber: https://www.digitalinformationworld.com/2021/05/facebook-reveals-details-about-updated.html

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan Video Cek Fakta di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓