Sukses

Tina Toon Ajak Generasi Muda Terapkan Nilai Pancasila untuk Kurangi Penyebaran Hoaks

Ajakan tersebut berasal dari semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang memiliki peredaran informasi tinggi dan dinamis tak terkecuali konten bermuatan negatif alias hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada Selasa 1 Juni 2021, mantan penyanyi cilik Tina Toon mengajak generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang tertuang dalam dasar negara Indonesia, Pancasila.

Ajakan tersebut berasal dari semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang memiliki peredaran informasi tinggi dan dinamis tak terkecuali konten bermuatan negatif alias hoaks. Konten-konten negatif ini menjadi tantangan untuk kesatuan bangsa Indonesia.

"Saat ini mudah sekali informasi hoaks tersebar dan menyebabkan perpecahan di masyarakat. Jadi kita harus tetap memegang teguh Pancasila sebagai prinsip-prinsip dasar bermasyarakat di Indonesia. Harus tetap solid dan menjaga yang namanya gotong royong supaya masyarakat Indonesia tidak hanya hebat di mata sendiri tapi juga di mata dunia," ujarnya sesuai yang dilansir oleh Antara, Selasa (1/6/2021).

Tina Toon mengingatkan, peringatan hari Lahir Pancasila bukan hanya sebagai selebrasi belaka. Ia berharap, Pancasila bisa terus hidup dan masyarakat terus berpegang teguh atas penerapan di kehidupan sehari-hari agar terciptanya masyarakat yang saling peduli.

"Adanya Pancasila itu membuat kita dipersatukan. Jangan cuma dihafal tapi diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Bagaikan semangat Pancasila kepada siapapun yang kamu temui. Kalau mau hidup berbeda-beda tapi tetap satu seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika, ya kita tentunya harus mengaplikasikan Pancasila," kata wanita muda yang saat ini memegang jabatan sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

Di ujung pembicaraan, Tina Toon menjelaskan bahwa kita ini Indonesia, kita tentu memiliki perbedaan tapi disatukan oleh Pancasila. Jadi, dalam kegiatan sehari-hari mulai dari sekolah, bekerja, hingga lingkungan interaksi sosial kita, Pancasila itu harus terus diterapkan agar masyarakat aman dan damai.

 

(MG/Retno Dwi Marcelina)

Saksikan Video Cek Fakta di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.