Sukses

Cegah Penyebaran Hoaks, Diskominfo Batang Bentuk FKIM di Desa dan Kelurahan

Pembentukan FKIM ini bertujuan memberikan informasi yang benar dan bermanfaat kepada warga Batang agar terhindar dari hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, Jawa Tengah membentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat (FKIM) tingkat desa dan kelurahan sebagai upaya mencegah penyebaran hoaks atau berita bohong.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, Triossy Juniarto mengatakan bahwa pembentukan FKIM ini bertujuan memberikan informasi yang benar dan bermanfaat, serta dapat memajukan wilayah Kabupaten Batang.

"Kami menargetkan FKIM ini dapat terbentuk di 239 desa/kelurahan yang nantinya akan dilakukan secara bertahap. Saat ini masih tercapai 71 kelompok," kata Triossy dilansir dari Antara, Senin (31/5/2021).

Ia menambahkan, perlu ada percepatan pembentukan KIM di seluruh desa/kelurahan. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran hoaks.

"Target rilisnya sebanyak 239 KIM bisa tercapai pada Juli 2021. Oleh karena untuk mencapai target tercaoai maka kami akan melakukan pertemuan rutin FKIM," ucap dia.

Menurut dia, pihaknya juga akan melakukan bimbingan teknis tentang jurnalis agar anggota FKIM bisa lebih cakap dalam menuliskan berita di masyarakat.

Ketua Forum KIM Kabupaten Batang Derajat Syahefudin menyebut, perlu strategi pemahaman dan harapan yang sama di tingkat desa/kelurahan agar informasi bisa tersampaikan dengan baik, jelas dan sesuai fakta.

"Jika sudah tahu hal tersebut, kita harus bersinergi, selalu berkomunikasi lewat perwakilan kecamatan sehingga informasi yang ada di masyarakat khususnya di tingkat desa/kelurahan tidak terputus dengan informasi yang ada di tingkat kabupaten," katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.