Lawan Hoaks, Pemkab Garut Luncurkan Aplikasi Sirikat

Oleh Adyaksa VidiLiputan6.com pada 31 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 08:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner hoaks (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai terobosan dilakukan oleh Pemerintah untuk menangkal hoaks. Salah satunya Pemkab Garut yang meluncurkan program SIRIKAT (Sistem Informasi Rilis Cepat dan Akurat) untuk melawan hoaks yang beredar di aplikasi percakapan dan media sosial.

Sejatinya program SIRIKAT telah ada sejak 2019 lalu, namun mewabahnya pandemi covid-19, membuat aplikasi ini sempat terhenti di tahun 2020 lalu. Program yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) ini, diharapkan mampu menjadi jawaban bagi warga dalam mendapatkan informasi yang tepat, sekaligus mengantisipasi berkembangnya hoaks atau berita bohong.

Dalam prakteknya, program ini dikelola secara bersama antara Pemda dan masyarakat atau kelompok masyarakat yang memiliki perhatian dalam dunia informasi. Dinas Kominfo berperan sebagai pengendali agar dalam menjalankan fungsi, sistem ini tetap terjaga.

"Kehadiran SIRIKAT diharapkan mampu menangkal berita bohong atau hoaks yang kerap membuat kegaduhan bagi masyarakat. Bila hoaks dibiarkan maka akan membentuk karakter masyarakat dalam memahami dan memaknai informasi yang abu-abu yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan," ujar Kepala Seksi (Kasi) Kemitraan Komunikasi Publik, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yanyan Agus Supianto.

"Masyarakat bisa membantu Pemerintah Kabupaten Garut dalam mendiseminasikan informasi, baik pembangunan, pemerintahan maupun kemasyarakatan, termasuk menangkal informasi palsu (hoaks) di kalangan masyarakat. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan sebagai curhatan warga, untuk menyampaikan unek-uneknya seperti jalan rusak dan permasalahan lain."

Sumber:

https://www.liputan6.com/regional/read/4568190/jurus-pemda-garut-menangkal-berita-hoaks?source=search

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya