Sukses

Hari Kebangkitan Nasional, Menkominfo Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Ruang Digital

Salah satu caranya memanfaatkan ruang digital secara bijak yaitu dengan melawan hoaks dan ujaran kebencian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat memanfaatkan ruang digital dengan bijak dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 pada 20 Mei 2021 kemarin.

Menurut Johnny, salah satu caranya dengan melawan hoaks dan ujaran kebencian yang masih marak beredar di media sosial.

"Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan secara bijak. Katakan tidak pada segala jenis hoaks, jenis ujaran kebencian, dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa dan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kemajuan ekonomi secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu," ungkap Johnny, dilansir dari Antara, Jumat (21/5/2021).

Menurut Johnny, ada pun dasar gerakan Hari Kebangkitan Nasional terdiri dari tiga agenda yaitu cita-cita untuk memerdekakan kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

"Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus terus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya," kata Johnny.

Pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19 pun didorong ke arah pemulihan ekonomi nasional Indonesia melalui ekonomi digital.

Johnny menyebutkan, pertumbuhan ekonomi digital di masa pandemi Covid-19 diproyeksikan tumbuh hingga 33,2 persen dari tahun 2020. Diharapkan di 2021 pertumbuhan ekonomi digital mencapai Rp337 triliun setelah pada 2020 berhasil mencapai Rp253 triliun.

Oleh karena itu, diharapkan momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 113 dapat juga dijadikan sebagai momen pemulihan ekonomi bangsa dengan lebih optimal di masa pandemi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.