Cek Fakta: Tidak Benar Deretan Foto Ini Demo Besar-besaran Solidaritas Mendukung Palestina pada Mei 2021

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 19 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2021, 13:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Demonstrasi Dukung Palestina (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto Demonstrasi Dukung Palestina (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah foto yang diklaim demonstrasi besar-besaran solidaritas mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Nafeel Zaki pada 18 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, tampak kawasan air mancur patung kuda dipenuhi massa aksi. Mereka mengenakan pakaian serba putih.

Foto selanjutnya massa aksi mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia. Mereka terlihat menaiki sebuah mobil bak terbuka. Pada foto lainnya, demonstran juga terlihat menyandingkan bendera Palestina dan Indonesia.

Akun Facebook Nafeel Zaki kemudian mengaitkan sejumlah foto tersebut dengan demonstrasi besar-besar mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021.

"Tens of thousands - a massive demonstration in #Indonesia ūüáģūüá© to express solidarity with the #Palestinians in #SheikhJarrah and #Gaza Strip.

#GazaUnderAttack," tulis akun Facebook Nafeel Zaki.

Konten yang disebarkan akun Facebook Nafeel Zaki telah 1 kali dibagikan dan mendapat 18 respons dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan demonstrasi besar-besaran mendukung Palestina pada Mei 2021? Berikut penelusurannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri sejumlah foto yang diklaim demonstrasi besar-besaran solidaritas mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021.

Liputan6.com menelusuri foto massa aksi yang memadati kawasan air mancur patung kuda, dekat kawasan Monumen Nasional (Monas).

Foto tersebut diunggah ke situs pencari Google Images. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Update Berita Aksi 212" yang dimuat situs tirto.id pada 2 Desember 2016.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs tirto.id

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto massa aksi yang memadati kawasan air mancur patung kuda merupakan peristiwa Aksi Bela Islam III di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 2 Desember 2016.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah foto massa aksi mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia di atas mobil bak terbuka. Gambar tersebut diunggah ke situs Google Images. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa.

Satu di antaranya artikel berjudul "Aksi bela Palestina, antara solidaritas kemanusiaan dan politik identitas" yang dimuat situs bbc.com pada 18 Desember 2017.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs bbc.com

Ternyata foto tersebut merupakan aksi penolakan terhadap pemindahan Ibukota Israel ke Yerusalem. Demonstrasi itu digelar pada 2017 lalu.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah foto demonstran yang menyandingkan bendera Palestina dan Indonesia ke situs Yandex. Hasilnya foto tersebut merupakan gambar tangkapan layar dari video berjudul "Aksi Bela Palestina" yang dimuat channel YouTube Media Indonesia pada 18 Desember 2017 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Media Indonesia

 

Referensi:

https://tirto.id/update-berita-aksi-212-b6xP

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-42383221

https://www.youtube.com/watch?v=T9KwBX4Woyc

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Sejumlah foto yang diklaim demonstrasi besar-besaran solidaritas mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021 ternyata tidak benar.

Faktanya, sebagian dari foto tersebut memang merupakan aksi dukungan terhadap Palestina namun bukan dilakukan pada Mei 2021.

 

banner cek fakta (Sebagian Salah)
Perbesar
banner cek fakta
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓