Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Cristiano Ronaldo Sumbang Gajinya untuk Bantu Hamas Beli Roket

Beredar video yang diklaim Cristiano Ronaldo akan menyumbangkan gajinya untuk bantu Hamas beli roket. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo pada 17 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 10 menit 44 detik itu, terlihat gambar alat tempur milik tentara, termasuk roket dan peluru kendali.

Selain itu terdapat juga gambar wawancara Cristiano Ronaldo. Eks pemain Real Madrid itu tampak tengah duduk dan mengenakan kemeja berwarna biru. Terdapat narasi yang menyebut bahwa Ronaldo akan menyumbangkan 1000 roket untuk melawan Israel.

"1000 roket saya sumbangkan untuk ratakan Israel"

"Ronaldo Sumbangkan Gajinya Untuk Bantu Hamas Beli Roket...👈📢‼‼" tulis akun Facebook Rizky Mth Subudiyo.

Video yang disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo telah 36 kali ditayangkan dan mendapat sejumlah repons dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar berisi wawancara Ronaldo dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang mengunggah video wawancara pria asal Portugal tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "'I AM WITH YOU' Cristiano Ronaldo: Real Madrid star sends message to children of Syria urging them to never give up hope" yang dimuat situs thesun.ie pada 23 Desember 2016 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Cristiano Ronaldo mengirimkan pesan sebagai dukungan kepada anak-anak korban perang di Suriah. Dalam video itu, Ronaldo mengimbau seluruh anak-anak di Suriah tidak putus asa.

"Ini untuk anak-anak Suriah. Kami tahu bahwa Anda telah sangat menderita. Saya adalah pemain yang sangat terkenal tetapi Anda adalah pahlawan sejati. Jangan putus asa. Dunia bersamamu. Kami peduli padamu. Saya dengan Anda," ungkap Ronaldo dalam video tersebut.

Video tersebut juga pernah diunggah Ronaldo di akun Twitter miliknya, @Cristiano pada 23 Desember 2016 lalu. Video berdurasi 20 detik itu merupakan pesan moral dan dukungan kepada anak-anak di Suriah.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Twitter @Cristiano

"A message of hope to the children affected by the conflict in Syria. @SavetheChildren," tulis akun Twitter @Cristiano.

Referensi:

https://www.thesun.ie/sport/football/346756/cristiano-ronaldo-real-madrid-star-sends-message-to-children-of-syria-urging-them-to-never-give-up-hope/amp/

https://twitter.com/Cristiano/status/812297170040881152

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket ternyata tidak benar.

Faktanya, video wawancara Cristiano Ronaldo tidak terkait dengan konflik Palestina dan Israel. Video tersebut merupakan pesan moral dan dukungan kepada anak-anak di Suriah.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.