Dorong Literasi Digital, TikTok Luncurkan Kampanye #FactCheckYourFeed

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 15 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 09:49 WIB
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Perbesar
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Situs berbagi video, TikTok meluncurkan kampanye bertajuk #FactCheckYourFeed di platform mereka baru-baru ini. Kampanye tersebut guna mendorong peningkatan literasi digital dan mencegah penyebaran informasi palsu atau hoaks.

Kampanye #FactCheckYourFeed, bertujuan membantu membekali pengguna TikTok dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk terlibat secara kritis dengan konten, menavigasi platform, dan melindungi diri dari potensi bahaya.

"Kami mengambil tanggung jawab untuk membantu mendidik pengguna kami dengan serius, yang berarti memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke informasi yang baik dan akurat kapan pun mereka membutuhkannya. Untuk mencapai ini, penting bahwa pengguna kami dapat mengidentifikasi dengan benar apa yang mereka tonton," demikian pernyataan TikTok, dikutip dari socialmediatoday.com, Jumat (14/5/2021).

TikTok tak menampik bahwa platformnya menjadi sasaran kelompok untuk menyebarkan informasi yang salah dan disinformasi.

Sesuai laporan transparansi platform terbaru, TikTok menghapus lebih dari 340 ribu video di Amerika Serikat pada paruh kedua tahun lalu karena melanggar aturannya seputar misinformasi pemilu. Sementara itu juga digunakan untuk menyebarkan propaganda dan konten yang berfokus pada politik di berbagai wilayah.

 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

       

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya