Cek Fakta: Video Rombongan Presiden Ini Tidak Sedang Mudik

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 11 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 09:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan presiden mudik
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan presiden mudik

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rombongan presiden mudik. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bryan Elnathan, pada 8 Mei 2021.

Unggahan klaim video rombongan presiden mudik direkam dari dalam sebuah kendaraan, menampilkan rangkaian kendaraan yang dikawal mobil dan motor berwarna putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Nah Keluarga istana sudah pulkam/mudik".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Trimakasih Bpk presiden.. Bapak sudah memberi contoh kpd kami... Bapak mlh di kawal.. Kami gak usah di kawal pak.. Cukup cabut larangan mudik saja.. šŸ˜œšŸ¤­šŸ¤«".

Benarkah klaim video rombongan presiden mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan presiden mudik, dengan menggunakan Yandex dan Google Image. Hasilnya, tidak ditemukan foto dan video yang identik dengan klaim.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'presiden mudik'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Istana Jelaskan Video Viral Iringan Jokowi Pulang Kampung saat Mudik Dilarang" yang dimuat situs liputan6.com, pada 10 Mei 2021.

Dalam artikel situs liputan6.com, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membantah soal video viral yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi mudik ke kampung halaman. Dia menjelaskan, video tersebut diambil saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," jelas Bey kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Menurut dia, video tersebut adalah rombongan Presiden hendak menuju Surabaya dari Lamongan. Kala itu, Jokowi diagendakan meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

"Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas," kata dia.

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur," sambung Bey.

Dalam artikel berjudul "Jubir: Presiden Jokowi dan Seluruh Kabinet Indonesia Maju Tidak Mudik" yang dimuat situs liputan6.com, pada 8 Mei 2021, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama seluruh Kabinet Indonesia Maju tidak akan mudik pada Lebaran 2021.

Presiden Joko Widodo dan seluruh Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik Lebaran, diikuti seluruh pejabat di Pusat dan di daerah," kata Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu 8 Mei 2021.

Bahkan, dipastikan baik Presiden Jokowi maupun seluruh jajaran kabinetnya tidak akan menggelar acara open house saat Lebaran nanti.

"Juga tidak ada acara berbuka puasa dan open house Idul Fitri," ungkap Fadjroel.

Ā 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video rombongan presiden mudik tidak benar.

Video tersebut memang rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, bukan sedang melakukan mudik.

Ā 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia.Ā 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalahĀ mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.Ā 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di emailĀ cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓