Cek Fakta: Tidak Benar RS Hermina Kemayoran Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Umum

Oleh Adyaksa Vidi pada 07 Mei 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 14:32 WIB
Ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
Ilustrasi Cek Fakta vaksin covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui pesan berantai informasi yang menyebut RS Hermina Kemayoran membuka pendaftaran vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum. Pesan berantai itu ramai disebarkan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai berisi narasi sebagai berikut:

"Dibuka kesempatan mendapatkan vaksinasi covid bagi yang berumur 18-59 tahun di RS Hermina Kemayoran mulai jam 08.00-14.00. Bawa KTP DKI. Ini linknya untuk daftar, pedulilindungi.id/register"

Namun dilansir dari website jalahoaks.jakarta.go.id, informasi tersebut tidak benar. Jalahoaks mendapat konfirmasi dari RS Hermina Kemayoran.

"Hoaks ya. Sampai saat ini RS Hermina Kemayoran masih melayani vaksinasi Covid-19 untuk Lansia saja," kata staf RS Hermina Kemayoran.

Selain itu dalam akun Instagram RS Hermina Kemayoran juga terdapat postingan yang membantah informasi dalam pesan berantai.

"Sahabat Hermina, informasi pendaftaran vaksin covid-19 untuk umum usia 18-59 tahun di RS Hermina Kemayoran seperti di bawah ini: Hoaks. Saat ini kami masih melakukan pelayanan vaksin covid-19 untuk lansia. Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya."

Sumber:

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Registrasi-Vaksinasi-Covid-Usia-18-59-Tahun-di-RS-Hermina-Kemayoran-Melalui-Website-Pedulilindungiid

https://www.instagram.com/stories/rsuherminakemayoran/2568044013731169257/

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓