Simak Kumpulan Hoaks Seputar Mudik Lebaran Terbaru

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 07 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Menjelang lebaran Idul Fitri dan pelaksanaan mudik lebaran sejumlah informasi hoaks bermunculan dimedia sosial, kondisi ini tentu akan menyesatkan pihak yang mudah mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com telah melakukan penelusuran terhadap sejumlah informasi seputar mudik lebaran, hasilnya informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks seputar mudik lebaran terbaru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Video Jalan Tikus Macet Dipenuhi Pemudik

 

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Jalan Tikus Dipenuhi Pemudik (sumber: Facebook)

Sebuah video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik beredar di media sosial. Video tersebut satu di antaranya disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver pada 6 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak sebuah jalan di perbukitan dipenuhi para pemotor. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kegiatan mudik Idulfitri 2021.

"Hati2 buat pemudik yg menggunakan motor,. jalan tikus sudah mulai macet..," tulis akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver.

Video yang disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver telah 230 kali ditonton dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut jalan tikus dipenuhi pemudik? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver tidak terkait dengan mudik Idulfitri 2021. Video itu diunggah pertama kali di media sosial oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret 2021, jauh sebelum pemerintah melarang mudik Idulfitri 2021.

 

2.  Informasi Warga Negara Tiongkok Ajukan Izin Tinggal di Indonesia saat Mudik Dilarang

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim warga negara Tiongkok ajukan izin tinggal di Indonesia saat mudik dilarang.

Klaim warga negara Tiongkok ajukan izin tinggal di Indonesia saat mudik dilarang beredar melalui WhatsApp.

Berikut isinya:

"ADA APA DENGAN INI ?!!!! AYOOO..SIAPKAN CAMERA DAN VIDEO KAN MULAI TGL 6 HINGGA 17 MEI 2021 DI SEMUA BANDARA DI INDONESIA.!!! KLO KITA TIDAK BOLEH MUDIK ADA APA SEBENARNYA YG TERJADI DIBANDARA TANGGAL TERSEBUT !!!

Ribuan Warga Tiongkok Ajukan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa di Indonesiahttps://t.co/WwudQxHXwv?ssr=true

Indonesia bakal dibanjiri oleh warga China dengan pengajuan izin tinggal ditambah dengan TKA China, pribumi bakal terpinggirkan...

RAKYAT SENDIRI DI HARI RAYA IED DIKURUNG DALAM KOTA ..!!!

KOK TEGA TEGANYA JUSTRU WARGA WUHAN DARI RRC (BIANGKEROK PANDEMI COVID 19) BISA DI BEBASKAN PESTA PORA MASUK KE INDONESIA ????...

AYO KITA GERAKAN SELURUH RAKYAT DAN TNI DI DAERAHNYA MASING2 UNTUK MENGAWASI SELURUH BANDARA & PELABUHAN DI SELURUH INDONESIA.

JANGAN BIARKAN 12 JUTA WARGA CINA KOMUNIS YG AKAN TIBA DI INDONESIA DENGAN DALIH WISATAWAN BISA MASUK KE NEGERI INI

Wisatawan Dari Wuhan Dan China Masuk Indonesia.

Penerbangan Jakarta-Wuhan Dibuka Lagi, Pakai Pesawat Lion Air.

https://travel.detik.com/travel-news/d-5549478/penerbangan-jakarta-wuhan-dibuka-lagi-pakai-pesawat-lion-air

Jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, China, pergi-pulang dibuka lagi untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang. Rute itu dibuka setiap Senin.

Siapkan camera dokumentasikan china2 ini yg masuk ke Indonesia..!untuk buktijika terbukti mereka exodus ke NKRISELURUH RAKYAT HARUS BERANI LAKUKAN PROTES !!! DEMONTRASI BESAR BESARAN..!!!"

Benarkah klaim warga negara Tiongkok ajukan izin tinggal di Indonesia saat mudik dilarang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim warga negara Tiongkok ajukan izin tinggal saat mudik dilarang tidak benar.

Pemberian izin tinggal terpaksa kepada ribuan warga negara Tiongkok dilakukan pada Februari dan Maret 2020, selain itu, dibukannya  kembali rute penerbangan Jakarta-Wuhan hanya penerbangan charter bukan penerbangan berjadwal/reguler.

 

3. Sri Sultan Hamengku Buwono X Izinkan Mudik Warganya

Beredar di media sosial postingan terkait Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X memperbolehkan mudik. Postingan ini ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Ihsan Tjandra Tan. Dia mengunggahnya di Facebook pada 1 Mei 2021.

Dalam postingannya terdapat narasi:

"Rakyat Jogja adalah Rakyatku begitulah tagline Yang Mulia Kanjeng Sulthan Hamengku Buwono XII... Beliau Menyampaikan tidak ada larangan untuk rakyat Jogja mudik dengan Penegasan untuk bisa mendisiplinkan diri...Salam Hormat YM"

Lalu benarkah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengizinkan mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang mengklaim Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengizinkan mudik adalah tidak benar.

 Sri Sultan Hamengku Buwono X justru meminta warganya yang merantau tidak mudik lebaran.

 

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓