Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Sajadah Milik Awak KRI Nanggala 402 Ditemukan Utuh

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 07 Mei 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 11:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Sajadah Milik Awak KRI Nanggala 402 Ditemukan Masih Utuh (sumber: YouTube)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Sajadah Milik Awak KRI Nanggala 402 Ditemukan Masih Utuh (sumber: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sajadah milik awak KRI Nanggala 402 ditemukan masih utuh beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan channel YouTube Dunia info Channel pada 28 April 2021.

Dalam video berdurasi 1 menit 14 detik itu, sejumlah petugas dari TNI tengah memperlihatkan temuan barang dari insiden kecelakaan. Satu di antaranya adalah sajadah berwarna coklat.

Temuan jenazah tersebut kemudian dikaitkan dengan insiden tenggelamkan KRI Nanggala 402 di Laut Bali, beberapa waktu lalu.

"Semua hancur , hanya sajadah yang masih utuh | Temuan barang KRI Nanggala 402," demikian judul dalam video tersebut.

Video yang disebarkan channel YouTube Dunia info Channel telah 568 kali ditonton dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah sajadah yang diklaim milik awak KRI Nanggala 402 ditemukan masih utuh? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sajadah milik awak KRI Nanggala 402 ditemukan masih utuh. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat foto identik yang memperlihatkan petugas TNI memamerkan sajadah berwarna coklat. Foto tersebut terdapat dalam artikel berjudul "Kotak Penyimpanan Memori CVR Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Ditemukan" yang dimut situs tempo.co pada 15 Januari 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa temuan sejumlah barang termasuk sajadah berwarna coklat merupakan hasil penyisiran usai jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Januari 2021 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs tempo.co

Referensi:

https://foto.tempo.co/read/86000/kotak-penyimpanan-memori-cvr-sriwijaya-air-sj182-berhasil-ditemukan#foto-5

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sajadah milik awak KRI Nanggala 402 ditemukan masih utuh ternyata tidak benar. Faktanya, barang bukti sajadah berwarna coklat dalam video bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di video itu bagian dari puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari 2021.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓