Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jalan Tikus Macet Dipenuhi Pemudik

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 06 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 20:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Jalan Tikus Dipenuhi Pemudik (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Jalan Tikus Dipenuhi Pemudik (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik beredar di media sosial. Video tersebut satu di antaranya disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver pada 6 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak sebuah jalan di perbukitan dipenuhi para pemotor. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kegiatan mudik Idulfitri 2021.

"Hati2 buat pemudik yg menggunakan motor,. jalan tikus sudah mulai macet..," tulis akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver.

Video yang disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver telah 230 kali ditonton dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut jalan tikus dipenuhi pemudik? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "jalan tikus mulai macet pemudik" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai tersebut. Ternyata video tersebut tidak terkait dengan mudik Idulfitri 2021.

Video serupa pernah diunggah oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret 2021. Video yang diunggah akun TikTok @arexarikristyanto9 terlihat lebih detail.

Dalam rekaman itu, terlihat antrean motor cross di sebuah jalanan perbukitan. Video tersebut diduga merupakan kegiatan dari komunitas motor cross.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun TikTok @arexarikristyanto9

"Saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. #fypシ," tulis akun TikTok @arexarikristyanto9.

 

Referensi:

https://www.tiktok.com/@arexarikristyanto9/video/6939799161076337921?lang=id-ID&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver tidak terkait dengan mudik Idulfitri 2021. Video itu diunggah pertama kali di media sosial oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret 2021, jauh sebelum pemerintah melarang mudik Idulfitri 2021.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓